Incar Pasar Global, XL Axiata Caplok 100 Persen Saham Axiata Global Services

BTS XL Axiata.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

Jakarta – PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Axiata Enterprise Sdn Bhd (AE) meneken perjanjian jual-beli atau Sale and Purchase Agreement, terkait transaksi jual beli saham Axiata Global Services Pte Ltd (AGS).

China Ikut Dorong UMKM Indonesia dapat Bersaing di Pasar Global

Melalui Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Corporate Secretary XL Axiata, Ranty Astari Rachman menjelaskan, penandatanganan tersebut dilakukan pada 10 Juli 2024, dengan nilai transaksi sebesar US$1.

"Perseroan melakukan pembelian 100 ribu saham atau 100 persen saham AGS dengan nilai transaksi US$1," kata Ranty dalam keterangannya, Jumat, 12 Juli 2024.

OJK Ungkap Nilai Transaksi Aset Kripto Juli 2024 Naik Jadi Rp 42,34 Triliun

Dia menambahkan, pihak EXCL meyakini bahwa transaksi ini akan memberikan dampak positif bagi perseroan. Hal itu karena transaksi ini memungkinkan perseroan untuk sepenuhnya memonetisasi aset yang dimiliki, melalui transaksi langsung dengan para pelanggan global.

XL Axiata.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah
Dongkrak Kinerja, Begini Cara Taspen Bikin Lingkungan Kerja Harmonis dan Kolaboratif

Selain itu, Perseroan dipastikan juga dapat menjadi penyedia layanan telekomunikasi internasional, yang membawa kemampuan digital global ke dalam kapasitas perseroan.

"Serta memanfaatkan kemampuan perseroan dan grup perseroan untuk mendapatkan pasar internasional," ujar Ranty.

Gedung IDX, Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

Photo :
  • vivanews/Andry

Dia menjelaskan, setelah penyelesaian transaksi ini, maka nantinya Axiata Global Services Pte Ltd (AGS) yang berdomisili di Singapura, akan menjadi anak usaha dari PT XL Axiata Tbk (EXCL).

"Perseroan juga akan mendapatkan kesempatan besar dalam menargetkan pasar telekomunikasi lintas batas negara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya