Trik Dapat Saldo Dana dari Blog Pribadi, Begini Caranya

Mata uang dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Kini, blog pribadi bukan hanya sekadar tempat untuk menuangkan ide dan cerita. Lebih dari itu, blog pribadi dapat dijadikan sebagai ladang cuan untuk meraup saldo dana gratis yang menjanjikan bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang tambahan. 

PB PON Sumut Sediakan Tiket Gratis On The Spot di Venue Pertandingan

Kamu dapat menuangkan segudang ide kreatif dalam bentuk tulisan yang berpotensi menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan membangun blog yang menarik hingga strategi monetisasi yang efektif. Berminat mencari uang tambahan dari blog pribadi? Berikut uraian cara mendapatkan saldo dana dari blog pibadi.

Im blogging.

Photo :
  • Blogging
Buka Rekening di SeaBank Bisa Dapat Bonus Saldo Rp100 Ribu Gratis!

1. Buat Tampilan Blog yang Menarik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih platform yang tepat, terpercaya dan mudah digunakan, seperti WordPress atau Blogger. Selanjutnya, desain tampilan blog yang menarik dan user-friendly sehingga pembaca merasa nyaman saat membaca konten di blog kamu.

Gen Z Wajib Tahu! Ini 6 Strategi Menabung untuk Dana Pensiun

2. Tulis Konten Berkualitas 

Setelah itu, mulai membuat tulisan yang  berkualitas. Sajikan konten yang informatif, bermanfaat, dan menarik untuk dibaca. Pastikan tulisan tersebut merupakan murni karya pribadi dan bukan hasil menjiplak atau plagiat. 

3. Pelajari Teknik SEO

Pelajari teknik SEO (Search Engine Optimization) supaya blog mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Praktis akan semakin besar kemungkinan orang yang mengunjungi blog dan membaca tulisanmu. Semakin banyak orang yang mengunjungi blok kamu maka semakin besar potensi saldo dana yang akan kamu dapatkan.

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

4. Konsisten dan Terus Tingkatkan Kemampuan Menulis

Teruslah menulis dan menerbitkan konten baru secara konsisten agar blog selalu menarik bagi pembaca. Seiring berjalannya waktu, kemampuan menulis kamu akan terasah sehingga semakin cerdik mengolah ide kreatif menjadi tulisan yang menarik dan relevan dengan pembaca.

5. Monetisasi Blog

Monetisasi blog sangat penting karena inilah yang akan mengonversi jumlah pengunjung blog menjadi saldo dana gratis alias uang. Kamu juga perlu mempelajari strategi marketing online untuk mempromosikan blog dan konten secara efektif. Salah satu caranya adalah mempromosikan blog melalui media sosial yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa membuat ulasan (review) produk atau jasa orang lain di blog dan dapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui link affiliate.

6. Membuka Jasa Penulisan dan Iklan

Di blog pribadi, kamu juga bisa memasang iklan membuka tawaran penulisan iklan atau sponsored Post. jenis artikel bersponsor untuk brand atau perusahaan yang ingin mempromosikan produk atau jasanya di blog kamu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menuliskan bahwa kamu adalah penyedia jasa penulisan yang menawarkan pembuatan tulisan untuk keperluan blog, company website, hingga copywriting. Jangan lupa untuk mencantumkan sosmed atau kontak yang bisa dihubungi klien jika berminat terhadap jasa penulisan yang kamu tawarkan. 

7. Bangun Relasi dan Komunitas

Tak ada salahnya untuk membangun komunitas pembaca melalui interakasi daring dengan mereka di media sosial atau membalas komentar blog. Langkah tersebut untuk menciptakan loyalitas pembaca kepada kamu. Alhasil mereka pun akan setia membaca setiap tulisan yang ada di blog.
Kamu juga dapat menjalin relasi dengan sesama blogger, influencer atau brand untuk membuka peluang kolaborasi maupun tawaran pekerjaan dalam bidang tulis-menulis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya