Dibuka Menghijau, IHSG Diprediksi Lanjut Menguat Didorong Menurunnya Inflasi AS

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 36 poin atau 0,49 persen di level 7.336, pada pembukaan perdagangan Jumat, 12 Juli 2024.

IHSG Sesi I Ditutup Melesat Cetak Rekor Tertinggi Baru, Intip 6 Saham Cetak ARA

Head of Retail Research Analyst BNI Sekuritas, Fanny Suherman, memprediksi bahwa IHSG berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG berpotensi melanjutkan kenaikan dengan target dekat di 7.320," kata Fanny dalam riset hariannya, Jumat, 12 Juli 2024.

Dibuka Menghijau, IHSG Diprediksi Lanjut Sideways

Papan IHSG

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dia menjelaskan, hal itu akibat terdorong oleh faktor inflasi US yang kembali turun di bawah ekspektasi, yang memperkuat dugaan The Fed bisa cut rate di tahun ini

IHSG Hari Ini Diprediksi Konsolidasi, Intip Rekomendasi Saham Potensial

Pasar saham Asia-Pasifik naik didorong oleh reli Big Tech AS, dan kepercayaan yang lebih besar terhadap pemotongan suku bunga The Fed. Pada Kamis, 11 Juli 2024. Nikkei naik 0,94 persen, sementara Topix yang berbasis luas naik 0,69 persen.

Katalis lain, investor akan memperhatikan optimisme yang meluas pada saham teknologi di kawasan ini, terutama di Jepang. Dimana perusahaan terkait chip telah mengangkat Nikkei 225 ke rekor tertinggi.

Pengumuman ekonomi dari kawasan ini pada hari Kamis akan mencakup pesanan mesin Jepang untuk bulan Mei, serta keputusan suku bunga Bank of Korea. 

Kospi Korea Selatan naik 0,81 persen jelang keputusan BOK, sementara Kosdaq turun 0,71 persen. S&P/ASX 200 Australia naik 0,93 persen, dan Indeks saham Hang Seng Hong Kong melesat 2,06 persen.

"IHSG diprediksi bergerak di level support 7.220-7.250, sedangkan level resist berada di 7.270-7 320," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya