18 Bank Raih Best Bank 2024, Begini Penilaiannya

Investortrust Best Bank 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Sebanyak 18 bank terpilih menjadi Best Bank 2024, atau Bank Terbaik Tahun 2024 versi Investortrust.id. Selain 18 bank ini, juga diberikan penghargaan khusus kepada dua bank yang dinilai memiliki kelebihan dalam pengungkapan laporan Environment, Social and Governance (ESG). 

Waralaba Tumbuh Subur di Indonesia, Bingxue Bisa Buka 200 Outlet kurang dari Setahun

Ketua Dewan Juri Soebowo Musa menailai, saat ini industri perbankan nasional tengah dihadapkan oleh beberapa tantangan yang menghantam sektor perbankan. Beberapa di antaranya ekonomi yang belum sepenuhnya pulih pasca-COVID-19, hingga tingkat permodalan.

“Sementara itu di level global, tantangan lainnya berupa meningkatkan eskalasi geopolitik global yang mengganggu supply chain industri, serta tingkat suku bunga tinggi yang memiliki kecenderungan higher for longer,”ujar Soebowo dalam acara Investortrust Best Bank 2024 Kamis, 11 Juli 2024.

6 Tips Memilih Bank Digital Buat Gen Z, Jangan Sampai Salah Pilih!

Adanya sejumlah tantangan ini yang mendorong tim juri menggelar penghargaan tahun ini dengan tema ‘Balancing Bank Performance & Sustainability Readiness Toward 2030’. 

Menurut Sobowo, tema tersebut menggambarkan upaya industri perbankan dalam mengharmonisasikan kinerjanya, sekaligus menyiapkan diri dalam penerapan konsep keberlanjutan di tahun 2030. Hal ini sesuai dengan agenda perbankan internasional yang akan menerapkan green/sustainable financing pada tahun 2030.

Perbandingan Bank Digital dan Bank Konvensional, Mana yang Paling Menguntungkan?

CEO Investortrust, Primus Dorimulu.

Photo :
  • Istimewa.

“Jadi perbankan kita harusnya juga sudah siap untuk ikut bergabung dengan industri perbankan internasional dalam menerapkan green/sustainable financing pada 2030, di tengah sejumlah tantangan yang masih melingkupi industri,” jelasnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer PT Investortrust Indonesia Sejahtera (Investortrust.id),  Primus Dorimulu mengatakan, penghargaan Best Bank 2024 ini merupakan upaya untuk mendorong industri perbankan untuk terus berkinerja baik kendati masih harus menghadapi sejumlah tantangan. 

"Perbankan adalah jantung yang memompa darah ke seluruh perekonomian bangsa, perbankan sehat ekonomi akan sehat. Kita berharap perbankan nasional akan sehat pada tahun tahun yang akan datang," ujarnya.

Adapun untuk 18 bank terbaik berdasarkan kategori modal inti. Pada Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) di atas Rp 70 Triliun atau KBMI IV di antaranya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Selanjutnya pada Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti antara Rp 14 triliun-Rp 70 triliun atau KBMI III, jajaran bank terbaik diisi oleh PT Bank Mizuho Indonesia, PT Bank Mega Tbk, dan PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Pada Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti antara Rp 6 triliun-Rp 14 triliun atau KBMI II diantaranya PT Bank ANZ Indonesia, lalu PT Allo Bank Indonesia Tbk dan PT Bank DBS Indonesia. 

Lalu, Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti di bawah Rp 6 triliun atau KBMI 1 diantaranya PT Bank Mandiri Taspen, PT Krom Bank Indonesia Tbk, dan PT Bank Hibank Indonesia Tbk.

Sedangkan untuk kelompok Bank Pembangunan Daerah dibagi menjadi dua kategori, yakni KBMI II dan KBMI I. Pada kelompok BPD KBMI II, ketiga bank terbaik adalah PT BPD Jawa Timur Tbk, PT Bank DKI, dan PT BPD Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sementara di BPD KBMI I, ketiga bank terbaik adalah PT BPD Sulawesi Tenggara, PT BPD Bali, dan PT BPD Sulawesi Tengah.

Kemudian untuk Special Award atau penghargaan khusus diberikan kepada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk di kategori bank umum, sementara PT Bank Jabar Banten Tbk (bjb) diberikan untuk kategori Bank Pembangunan Daerah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya