Buruan Daftar ke Link Ini untuk Klaim Saldo Dana Gratis UMKM Rp2,4 Juta, Cukup Siapkan NIK KTP

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) adalah program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan nutrisi bagi keluarga kurang mampu. Program ini memberikan bantuan dalam bentuk non-tunai yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warong (warung elektronik) yang telah ditentukan.

Buka Rekening di SeaBank Bisa Dapat Bonus Saldo Rp100 Ribu Gratis!

Tidak hanya itu, tujuan dari program BPNT yang dimulai pada tahun 2024 ini tentunya untuk memastikan keberlangsungan UMKM dan membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Program ini diluncurkan oleh pemerintah setelah program BPUM untuk membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) selama pandemi Covid-19. 

Pelaku UMKM yang memiliki NIK KTP yang sudah terdaftar sebagai penerima BPNT dapat menerima bantuan finansial hingga Rp 2,4 juta. Nantinya selama satu tahun kedepan, setiap penerima akan menerima saldo dana gratis sebesar Rp200.000 setiap bulannhya, sehingga total bantuan yang diterima oleh setiap penerima nantinya bisa mencapai Rp2,4 juta. 

China Ikut Dorong UMKM Indonesia dapat Bersaing di Pasar Global

Dana yang diberikan melalui program BPNT dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari atau sebagai modal usaha tambahan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).  

Produk Nasabah PNM Mekaar Laris Manis di Tokyo Gift Show 2024

Cara Mengecek Penerima BPNT

Tidak sulit, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan BPNT. Lantas, bagaimana caranya? Scroll ulasan selengkapnya berikut ini.

Pertama-tama, sebelumnya Anda harus membawa dokumen identitas diri seperti KTP ke kelurahan atau desa untuk proses verifikasi data. Selain itu, Anda juga bisa mengecek secara mandiri melalui HP dengan langkah-langkah berikut:  

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.  
  2. Masukkan wilayah penerima manfaat: Pilih Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Desa.  
  3. Masukkan nama sesuai KTP.  
  4. Ketik kode captcha yang tertera di layar.
  5. Klik 'Cari Data'. 
  6. Cek status: Jika nama Anda termasuk dalam daftar penerima manfaat, data Anda akan muncul.  

Jadi, jika penasaran apakah Anda termasuk salah satu orang yang menerima bantuan hingga mendapatkan saldo dana gratis, Anda bisa langsung ke situs resmi atau hubungi pihak terkait di daerah Anda. Demikianlah informasi tentang bantuan UMKM yang akan segera dikirim ke NIK KTP tertentu melalui BRI, BNI, Mandiri, dan bukan BPUM 2024. Selamat mencoba.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya