Menteri Basuki Setop Pembangunan IKN 10 Agustus 2024, Mau Berbenah Siapkan HUT RI

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • Kementerian PUPR

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, guna mempersiapkan penyelenggaraan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang, maka seluruh kegiatan pembangunan akan dihentikan mulai tanggal 10 Agustus 2024.

Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

"Tanggal 10 Agustus saya hentikan semua pekerjaan yang membutuhkan mobilitas di luar. Saya mau bersihkan dulu kawasannya," kata Basuki usai peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jawa Barat, Selasa, 9 Juli 2024.

IKN Nusantara.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya
Jokowi Jelaskan Alasan Tunda Pemindahan ASN ke IKN

Karena pada tanggal 10 Agustus tersebut, Basuki mengatakan bahwa rombongan Paskibraka beserta seluruh elemen pendukung penyelenggaraan upacara HUT RI lainnya juga akan mulai berdatangan ke IKN.

Sehingga, sarana dan prasarana pendukung, termasuk kantor dan Istana Presiden pun, dipastikan sudah harus siap di bulan Juli ini.

Penjelasan Pramono Anung Soal Pengunduran Dirinya Resmi 22 September Sebab Ada Sidkab di IKN

"InsyaAllah pada Juli ini sudah selesai. Jadi, Kantor Presiden, Istana Presiden, dan kantor-kantor Menko yang empat lantai dan empat tower, tiga lantai sudah siap. Nanti dipakai para petugas dan peserta upacara," ujarnya.

Sementara untuk tower yang akan digunakan oleh para ASN juga telah rampung, sehingga sebagiannya sudah dapat dihuni. Bahkan, ada pula 12 tower yang sudah selesai, yang nantinya akan dihuni oleh para peserta upacara HUT RI tersebut.

"Dari 47 tower ASN, 12 tower akan selesai furnished sehingga itu bisa dimanfaatkan oleh peserta upacara," kata Basuki.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww

Aspek pendukung lainnya seperti air layak minum, dipastikan Basuki juga sudah akan masuk ke IKN pada 15 Juli 2024 mendatang. Kemudian rumah dinas menteri Kabinet Indonesia Maju dipastikan juga akan rampung di bulan Juli ini, karena di tanggal 19 Juli 2024 Basuki mengaku akan melakukan pengecekan langsung ke IKN.

"Tanggal 19 Juli saya akan cek ke sana. Rumah menteri dari 36, mudah-mudahan akan selesai pada Juli ini. Nomor 7, Menteri PUPR, nomor 8 Menhub, nomor 9 Menkes, nomor 10 MenpanRB, kami akan berdekatan di sana," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya