Tol Cimanggis-Cibitung Bakal Perlancar Arus Logistik Kawasan Industri di Jabodetabek

[dok. Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Edwin Syahruzad, saat meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Selasa, 9 Juli 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang melengkapi Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 sepanjang 111 km telah diresmikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Edwin Syahruzad meyakini konektivitas baru ini akan meningkatkan kelancaran arus komuter dan logistik di kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek. Antara lain seperti Kawasan Industri Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Ma’ruf Amin: Ekonomi Syariah Topang 23 Persen Ekonomi Nasional

Saat meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan total investasi Rp 10,6 triliun tersebut, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin didampingi oleh  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Edwin Syahriza, para anggota Komisi V DPR RI, dan Chief Executive Officer (CEO) PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya Bakrie.

Seperti diketahui, tol tersebut dibangun oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CBT), dimana Bakrie & Brothers merupakan salah satu pemegang sahamnya.

Wapres Kunjungi Markas PKB di Tengah Isu Muktamar Tandingan

Edwin melanjutkan, jalan tol yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dan telah dibangun sejak tahun 2016 ini, membutuhkan waktu konstruksi yang cukup lama karena adanya tantangan pembebasan lahan di kawasan perkotaan.

"Setelah beroperasi penuh, jalanan JORR 2 telah secara utuh tersambung sepanjang 111 km mulai dari Cengkareng, Kunciran, Serpong, Cinere, Jagorawi, Cimanggis, Cibitung, hingga Cilincing," kata Edwin dalam sambutannya di peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Selasa, 9 Juli 2024.

Kuasi Reorganisasi Rampung, BNBR Kini Bisa Fokus Jalankan Bisnis dengan Lebih Baik

Progres pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) di Kota Wisata Cibubur

Photo :
  • VIVA/Ridwan Putra

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa jalan tol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta-Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara Kertajati.

"Sehingga diharapkan bisa menjadi ruas alternatif dan solusi mengurangi travel time akibat kemacetan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya," ujar Edwin.

Dia juga mengaku bersyukur dengan bergabungnya SMI di proyek jalan tol ini, sebagai pemegang saham konsesi tol di tahun 2022 silam. Menurutnya, ini adalah bentuk implementasi fungsi SMI dalam mendukung percepatan penyelesaian infrastruktur di Indonesia.

"Antara lain melalui kemitraan dan kerja sama strategis antara SMI dan Waskita Karya, dimana SMI berkomitmen mendukung penyelesaian melalui pinjaman pembiayaan dan penyertaan modal," ujarnya.

Secara keseluruhan, Tol Cimanggis-Cibitung ini memiliki Panjang total 26,18 km. Sebelum ruas 2B rampung, ruas sebagian tol yang sudah beroperasi antara lain yakni seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 Km, dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas sepanjang 3,78 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya