Resmikan Tol Cimanggis-Cibitung, Wapres Harap Bisa Dorong Efisiensi dan Efektivitas Ekonomi

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Selasa, 9 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada hari ini, Selasa, 9 Juli 2024. Dengan peresmian itu, maka Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) sepanjang 111 km telah tersambung secara menyeluruh.

Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Amphuri

Dalam sambutannya, Ma'ruf berharap bahwa jalan tol ini akan bisa memangkas waktu tempuh Cimanggis-Cibitung menjadi hanya 30-40 menit, dari sebelumnya 1-2 jam melalui jalan arteri.

"Dengan total investasi Rp 10,6 triliun, Alhamdulillah jalan yang dibangun sejak 2016 dengan panjang 26,18 km ini akhirnya selesai dan siap beroperasi," kata Ma'ruf dalam sambutannya, Selasa, 9 Juli 2024.

Ma’ruf Amin: Ekonomi Syariah Topang 23 Persen Ekonomi Nasional

Progres pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) di Kota Wisata Cibubur

Photo :
  • VIVA/Ridwan Putra

Wapres menjelaskan, pembangunan jalan tol ini dilakukan untuk mewujudkan konektivitas pertumbuhan ekonomi dan sebagai upaya pemerintah dalam melakukan perluasan pembangunan.

Wapres Kunjungi Markas PKB di Tengah Isu Muktamar Tandingan

Dia juga berharap dengan beroperasinya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung itu, maka akan mampu meningkatkan efisiensi dan mobilitas di kawasan Jabodetabek.

"Konektivitas di Jakarta dan kawasan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Tol Cimanggis-Cibitung ini dengan jalan tol di Jabodetabek," ujar Ma'ruf.

"Selain itu, tol ini juga diharapkan akan mendorong efisiensi dan efektifitas ekonomi, yang nantinya akan turut memberikan sumbangan kepada peningkatan ekonomi nasional dan daerah," ujarnya.

Saat meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan total investasi Rp 10,6 triliun tersebut, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin didampingi oleh  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Edwin Syahriza, para anggota Komisi V DPR RI, dan Chief Executive Officer (CEO) Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie.

Seperti diketahui, tol tersebut dibangun oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CBT), dimana Bakrie & Brothers menjadi salah satu pemegang sahamnya.

Secara keseluruhan, Tol Cimanggis-Cibitung ini memiliki Panjang total 26,18 km. Sebelum ruas 2B rampung, ruas sebagian tol yang sudah beroperasi antara lain yakni seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 Km, dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas sepanjang 3,78 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya