Tingkatkan Layanan Digital, BTN Genjot Inovasi Teknologi Berkelanjutan

BTN Mobile.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta – Direktur Information Technology BTN Andi Nirwoto mengatakan pihaknya akan terus mengimplementasi inovasi teknologi yang berkelanjutan guna mengembangkan kinerja bisnis. Pasalnya inovasi adalah fondasi yang menjadikan BTN sebagai bank terdepan dalam penyelenggaraan teknologi informasi di Indonesia.

Beyond Expectation! Bank Mandiri Borong 8 Penghargaan di Asian Banking & Finance (ABF) Awards 2024

Dia pun menegaskan, inovasi dilakukan dalam segala lapisan penyelenggaraan bisnis, teknologi dan operasional. Salah satunya BTN fokus pada adopsi emerging technology seperti Artificial Intelligence yang mendorong peningkatan layanan yang lebih cerdas, cepat, efisien dan berorientasi pada pelanggan.

“BTN memastikan diri untuk menjadi pemain terdepan dalam adopsi teknologi perbankan di Indonesia,” papar Andi dikutip dari keterangannya, Jumat, 5 Juli 2024.

Pemerintah Tarik Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa RI Juni 2024 Naik Jadi US$140,2 Miliar

Direktur Information Technology BTN Andi Nirwoto.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Untuk mengimplementasikan sistem teknologi informasi (TI)  yang andal, Andi menegaskan, BTN mengganggarkan sekitar 8 persen untuk implementasi inovasi TI. Yang, meliputi peningkatan dan pengembangan inovasi TI meliputi Artificial Intelligence, Blockchain, Cloud Computing, Open API, Machine Learning.

Buka Peluang Investasi yang Menjanjikan

“BTN menyiapkan investasi dalam inovasi TI tidak hanya pada BTN tapi juga termasuk pada ekosistem digital BTN dengan tujuan tidak hanya untuk percepatan teknologi di BTN tapi juga pada sektor jasa keuangan di Indonesia,” ungkapnya.

Atas inovasi teknologi bisnis yang dilakukan, BTN meraih penghargaan dalam ajang Asian Banking & Finance (ABF) Wholesale Banking Awards 2024 pada Kamis, 4 Juli 2024. Dalam ajang tersebut, BTN meraih penghargaan pada kategori Indonesia Domestic Technology & Operations Bank of the Year.

Andi mengungkapkan, penghargaan dalam kemampuan teknologi dan operasional menunjukkan kemampuan BTN untuk bisa menjalankan layanan perbankan secara efisien dan efektif. Kemampuan untuk bisa mencapai keseimbangan penyelenggaraan teknologi informasi dan operasional ini menunjukkan BTN sangat matang dalam pengembangan teknologi informasi dengan memastikan aspek keamanan data, aspek ketahanan dan aspek inovasi dengan baik.

“Menjadi Bank terdepan dalam penyelenggaraan teknologi informasi khususnya di Indonesia merupakan visi BTN yang menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan, secara integral dalam setiap gerak langkah BTN,” katanya.

Mobile banking BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Sementara itu, Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengungkapkan, penghargaan tersebut menjadi bukti pencapaian milestone transformasi digital yang sudah dilakukan BTN secara terstruktur dan terencana dengan baik.

BTN sebagai perusahaan dalam jasa sektor keuangan lanjutnya, memastikan bahwa kesinambungan antara teknologi informasi dan operasional perusahaan merupakan hasil dari kerja sama, koordinasi dan kolaborasi dari seluruh pihak. Baik dalam lingkungan perusahaan maupun dukungan dari seluruh nasabah dan pengguna jasa keuangan dari BTN.

“Penghargaan ini menjadi motivasi untuk mendorong peningkatan dan perbaikan yang akan kami terus lakukan,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya