Akhirnya Prakerja Gelombang 70 Resmi Dibuka, Simak Cara Daftar dan Syaratnya

Ilustrasi Kartu Prakerja
Sumber :
  • ANTARA

VIVA –  Akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba, Prakerja Gelombang 70 sudah resmi dibuka pada hari ini, Jumat 5 Juli 2024, dapatkan saldo dana gratis dari pemerintah hingga Rp 4,2 juta.

Cara Dapat Saldo Dana Gratis dari Aplikasi Bank Digital, Cair Setiap Hari!

"Gelombang 70 dibuka! Yuk Sob segera klik "Gabung Gelombang" sekarang di dashboard Prakerja kamu!," tulis keterangan dari akun media sosial Prakerja.go.id, Jumat 5 Juli 2024.

Prakerja Gelombang 70 Resmi dibuka

Photo :
  • Prakerja.go.id
Selain Makin Pintar, Belajar Bisa Dapat Saldo Dana Gratis Lewat Aplikasi Ini

Jangan sampai terlewat, karena batas akhir pendaftaran Prakerja Gelombang 70 ditutup pada Senin, 8 Juli 2024 pukul 23.59 WIB.

Program prakerja merupakan program bantuan Pemerintah untuk calon pekerja di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan mereka dan sekaligus mendapatkan insentif dana dari Pemerintah sebesar Rp 4,2 juta.

Hobi Lari Jadi Peluang Dapat Saldo Dana Gratis, Begini Caranya

Harapannya dengan adanya program Prakerja, para calon pekerja bisa meningkatkan keahlian atau skill untuk bersaing di dunia kerja.

Pemegang kartu Prakerja bisa mendapatkan nilai bantuan saldo dana gratis dari Pemerintah sebesar Rp 4,2 juta per individu, di mana nominal ini lebih besar jika dibandingkan tahun 2022 yang hanya sebesar Rp 3,5 juta per individu.

Adapun rincian dana Rp 4,2 juta itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp 600.000 yang akan diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Namun untuk bisa menikmati dana insentif kalian harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu, simak syaratnya:

Syarat Daftar Prakerja

  • Pencari kerja atau pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun membutuhkan peningkatan kompetensi kerja
  • Warga Negara Indonesia (WNI) Berusia paling rendah 18 tahun dan maksimal 64 tahun Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  • Bukan Pejabat negara Pimpinan dan anggota DPRD Aparatur sipil negara (ASN) Prajurit TNI Bukan Anggota Polri Kepala dan perangkat desa Bukan Direksi, komisaris, dan dewan pengawas BUMN atau BUMD 
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK).

Cara Daftar Prakerja

Melansir VIVA.co.id dari situs resmi Prakerja, agar bisa mendaftar kartu Prakerja dan mendapatkan dana insentif dari Pemerintah, calon peserta atau pendaftar wajib mendaftarkan diri dan membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id.

  1. Buka situs www.prakerja.go.id
  2. Buat akun dengan memasukkan alamat email dan password
  3. Verifikasi KTP dan KK dengan memasukkan 16 digit NIK, 16 digit KK dan tanggal lahir kamu
  4. Lengkapi data diri
  5. Unggah foto e-KTP
  6. Scan wajah dengan cara mengedipkan mata, kemudian klik gunakan foto
  7. Jawab pertanyaan tentang alasan mengikuti Kartu Prakerja
  8. Isi pertanyaan mengenai pelatihan yang diminati dan keterampilan
  9. Verifikasi nomor HP kamu yang masih aktif dan pilih kirim OTP
  10. Jika sudah mendapatkan kode OTP via SMS, masukkan kode OTP dan klik Verifikasi
  11. Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi kamu
  12. Ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) atau Soal Kemampuan Belajar (SKB), setelah selesai lanjut ke Dashboard
  13. Akun Kartu Berhasil telah berhasil didaftarkan Jika proses berhasi, peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, termasuk SIAPkerja.

Jika proses berhasi dan dinyatakan lolos, peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, termasuk SIAPkerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya