Dukung Ekonomi Biru, J Trust Bank Tawarkan Pembiayaan Mikro Bagi Masyarakat Pesisir

J Trust Bank [dok. Humas PT J Trust Bank]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – PT Bank JTrust Indonesia Tbk alias J Trust Bank, menegaskan komitmen untuk berperan aktif dalam mendukung ekosistem ekonomi biru di Indonesia.

Pemerintah Tarik Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa RI Juni 2024 Naik Jadi US$140,2 Miliar

Ekonomi biru atau yang juga dikenal sebagai ekonomi laut, merujuk pada pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk peningkatan ekonomi, perbaikan kehidupan masyarakat, serta kesehatan ekosistem laut. 

"J Trust Bank meyakini pentingnya membangun kekuatan ekonomi yang berkelanjutan di sektor kelautan, dimana laut adalah penopang kehidupan untuk bumi dan seluruh mahluk hidup di dalamnya," kata Direktur Bisnis J Trust Bank, Widjaja Hendra, dalam keterangannya, Kamis, 4 Juli 2024.

Rupiah Dibuka Melemah Jelang Akhir Pekan, Ada Potensi Penguatan

Bank J Trust.

Photo :
  • Dokumentasi Bank J Trust.

Hal itu diungkapkan Hendra saat menghadiri High Level Forum dengan topik Blue Natural Capital, yang diselenggarakan oleh Coral Triangle Initiatives (CTI) dan Blue Institute pada 7-9 Juni 2024 di kota Manado, Sulawesi Utara. 

Dongkrak Ekonomi Lokal, Indef Ingatkan Program Makan Bergizi Gratis Harus Libatkan UMKM

Dia memastikan, J Trust Bank siap memberikan kredit mikro via indirect channel, kepada para pelaku usaha ultra-mikro di dalam ekosistem ekonomi biru. Misalnya melalui kerja sama dengan pihak ketiga, yang nantinya membantu J Trust Bank dalam mendistribusikan kredit tersebut.

Untuk mewujudkan hal itu, pada kesempatan yang sama dilakukan penandatangani Nota Kesepahaman (Memo of Understanding/MoU) antara J Trust Bank dengan Blue Institute, untuk ‘Pembiayaan Mikro kepada Koperasi Masyarakat Perikanan Pesisir’ yang bermitra dengan PT Sinar Purefoods Internasional dan PT Samudra Ulam Nusantara. 

Hendra mengaku, pihaknya sangat bersemangat menggarap kerja sama kredit mikro untuk pelaku usaha pada ekosistem kelautan, khususnya pada kelompok Nelayan.

Tidak hanya pemberian kredit, J Trust Bank juga turut berbagi peran dalam program tanggung jawab sosial perusahaan bersama dengan PT Sinar Purefoods Internasional dan PT Samudra Ulam Nusantara. 

"Hal ini selaras dengan komitmen kami untuk meneruskan kinerja positif perusahaan melalui pertumbuhan portfolio pembiayaan berkelanjutan," ujarnya.

Sebagai informasi, forum yang dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Steven Kandouw itu, turut dihadiri oleh Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN, Satvinder Singh; Direktur Eksekutif CTI - CFF, Dr. Frank Griffin; Utusan Khusus Presiden Seychelles untuk ASEAN, Nico Barito; dan Direktur Bisnis Widjaja Hendra beserta Representative Director J Trust Group & Komisaris J Trust Bank, Nobuiku Chiba. Kegiatan high level forum ini diadakan dalam rangka memaknai Coral Triangle Day (Hari Segitiga Terumbu Karang), yang jatuh pada tanggal 9 Juni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya