Top 5 Family Office dengan Jumlah Dana Kelola Terbesar di Dunia

Ilustrasi mentor investasi.
Sumber :

VIVA – Melansir Forbes, Family Office atau kantor keluarga dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga tajir yang meliputi layanan pengelolaan aset berupa manajemen keuangan, perencanaan pajak, filantropi, dan menjaga harta.

BNPT: Radikalisme Mengarah ke Anak-anak, Remaja hingga Perempuan

Skema Family Office sudah banyak dijalankan negara-negara di dunia. Mulai dari Asia hingga Eropa. Bahkan negara tetangga, Singapura, memiliki Family Office yang dengan jumlah dana kelola mencapai USD 400 juta sampai USD 1 Miliar.

Melansir FINTRX, keberadaan Family Office sudah ada dilakukan sejumlah negara. Mayoritas lokasi kantor keluarga ini berada di pusat kota. Mulai dari China (Beijing), Abu Dhabi (Dubai), Hong Kong, London (Inggris), Sydney (Australia), New York (Amerika Serikat), hingga Tokyo (Jepang). 

Hadi Tjahjanto Serahkan Aset Eks BLBI ke 9 K/L, Nilainya Capai Rp 2,77 Triliun

Sovereign Wealth Fund (SWF) Institute dan FINTRX merilis Family Office terbaik dan terbesar di dunia berdasarkan jumlah aset kelolanya. Berikut daftarnya!

Ilustrasi Investasi

Photo :
  • Adri Prastowo
7 Negara yang Sudah Menerapkan Family Office

1. Walton Enterprises LLC

Walton Enterprises LLC berlokasi di Arkansas, Amerika Serikat dia jadi satu-satunya kantor keluarga tunggal Walton Family. Family Office didirikan oleh mendiang Sam Walton yang merupakan pendiri Walmart.

Kantor keluarga ini mengelola aset sekitar USD 224 miliar. Walton Enterprises memfokuskan investasi pada portofolio investasi,, ekuitas, inklusi untuk mendukung kegiatan bisnis, pribadi, dan filantropi untuk beberapa generasi keluarga. 

2. Cascade Investment

Cascade Investment merupakan Family Office milik Bill Gates yang membantu berbagai keluarga tajir mengatur asetnya. Kantor keluarga ini sudah memiliki 14 cabang yang tersebar di seluruh dunia. 

Family Office yang berpusat di Kirkland, AS ini bertugas melakukan diversifikasi dana kelolaan ke berbagai industri. Mulai dari ekstraksi gas, pertanian, hingga sektor pasar keuangan. Jumlah dana kelola Cascade Investment mencapai USD 170 miliar.

Ilustrasi investasi

Photo :

3. Bezos Expeditions

Bezos Expeditions didirikan sejak tahun 1994. Kantor keluarga tunggal Jeff Bezos ini mengoperasikan layanan e-commerce dan cloud terbesar sekaligus perusahaan penyedia layanan internet dengan jumlah pendapatan tertinggi di dunia.

Berlokasi di Washington, AS. Family Office ini bertugas mengelola kekayaan pribadi Bezos sekitar lebih dari USD 100 miliar serta manajemen investasi Bezos. Bezos Expedition bertugas mengalokasikan dana kelola tersebut ke berbagai jenis ventura.

4. Mousse Partners

Mousse Partners merupakan anak perusahaan investasi dari bisnis keluarga Mouse Investments Limited. Kantor keluarga didirikan pada 1979 dengan kantor pusat di New York, AS. Family Office ini mengelola aset dengan membagikan hasil investasi yang meliputi dividen yang telah didiversifikasi, baik di pasar publik maupun swasta dan di berbagai kelas aset. Mousse Partners memiliki jumlah dana kelolaan aset lebih USD 89 miliar.

5. Ballmer Group

Ballmer Group didirikan Stevie Ballmer dan istrinya, Connie Ballmer. Ballmer merupakan filantropis sekaligus mantan CEO Microsoft, pendiri USAFacts, dan Chairman Los Angeles Clippers.

Family Office ini bertindak sebagai wadah filantropi bagi keduanya dengan bertujuan meningkatkan mobilitas ekonomi anak-anak yang berasal dari keluarga miskin di seluruh Amerika Serikat. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2014 di Bellevue, Washington, memiliki nilai dana kelola lebih dari USD 85 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya