Grup Salim Resmi Jadi Pengelola Tol Trans Jawa

Ilustrasi-Gerbang Tol Cipali di Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Jakarta – Pengelolaan Tol Trans Jawa beralih kepada Grup Salim melalui PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), yang mengakuisisi 35 persen saham anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT).

Beyond Expectation! Bank Mandiri Borong 8 Penghargaan di Asian Banking & Finance (ABF) Awards 2024

Dikutip dari Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), peralihan pengelolaan Tol Trans Jawa yang membentang dari Cikampek hingga Surabaya itu dilakukan melalui transaksi pembelian saham JTT. Transaksi itu melibatkan anak usaha META yakni, PT Margautama Nusantara (MUN) dan konsorsium GIC-MPTC.

Sekretaris Perusahaan META, Dahlia Evawani menjelaskan, transaksi ini bisa meningkatkan kapasitas portofolio Perseroan di sektor jalan tol, sekaligus sebagai kontribusi signifikan terhadap pengembangan infrastruktur nasional.

Resmi Berlaku! Tarik Tunai di Mesin EDC BCA Kena Biaya Rp 4.000 Per Transaksi

"Dampak dari transaksi ini tidak hanya akan memperluas portofolio investasi Perseroan, tetapi juga dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi badan usaha milik pemerintah dan swasta dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi pengguna jalan tol," kata Dahlia dalam keterangannya, Rabu, 3 Juli 2024.

Kepadatan arus kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023 di Tol Cipali

Photo :
  • Antara
Harga Emas Hari Ini 5 Juli 2024: Produk Antam Makin Kinclong, Global Naik Tipis

Dia memastikan, pelaksanaan transaksi tidak akan berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, maupun kelangsungan usaha perseroan.

"Apabila di kemudian hari terdapat tambahan atau perubahan informasi atau fakta material lainnya, maka akan kami sampaikan dalam keterbukaan informasi selanjutnya," ujarnya.

Grup Salim diketahui mengakuisisi sebanyak 6,20 miliar lembar saham milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan 205,4 juta saham KKMJ. Selain itu, PT JTT juga akan menerbitkan sebanyak 1,20 miliar saham portepel kepada MPTIS.

Sebagai informasi, Tol Trans Jawa secara total memiliki 13 ruas jalan tol yang membentang dari barat hingga timur Pulau Jawa mencapai sepanjang 676 km

Jalan tol layang MBZ.

Photo :
  • Dok. Jasa Marga.

Berikut adalah 13 ruas Jalan Tol Trans Jawa tersebut:

- Jakarta–Cikampek

- Jakarta-Cikampek II Elevated (MBZ)

- Palimanan–Kanci

- Batang–Semarang

- Semarang Seksi A, B, C

- Semarang–Solo

- Solo–Ngawi

- Ngawi-Kertosono-Kediri

- Surabaya–Mojokerto

- Surabaya–Gempol

- Gempol–Pasuruan

- Gempol–Pandaan

- Pandaan-Malang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya