Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Asia Tenggara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di PT. Hyundai LG Indonesia, Karawang
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Karawang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia di PT. Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power Karawang, Jawa Barat pada Rabu, 3 Juli 2024. Menurut dia, ini merupakan babak baru bahwa Indonesia menjadi pemain global dalam ekosistem EV sel baterai dan electric vehicle.

PUPR: Pemasangan Bilah Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung Pekan Depan

Dalam acara tersebut, hadir juga Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia; Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; Menteri BUMN, Erick Thohir; dan Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko.

Selain itu, Menteri Perdagangan Republik Korea, Inkyo Cheong; Executive Chair Hyundai Motor Group, Euisun Chung; Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin serta sejumlah pemangku kepentingan utama lainnya.

Megawati ‘Sentil’ Jokowi: Jangan Bikin Versi Sendiri!

”Hari ini kita telah memulai babak baru dalam meletakkan sebuah tonggak komitmen kita untuk menjadi pemain global di ekosistem ev sell baterai dan electric vehicle,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di PT. Hyundai LG Indonesia, Karawang

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Pabrik Narkoba Terbesar di Indonesia yang Nyamar Jadi Kantor EO Dikendalikan WN Malaysia

Karena, kata Jokowi, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah tapi puluhan tahun hanya mengeksport dalam bentu raw material atau dalam bentuk bahan mentah. Sehingga, tidak memiliki nilai tambah tapi material semakin hari semakin habis.

“Tetapi, sekarang dengan dibangunnya smelter, dengan dibangunnya pabrik sel baterai kendaraan listrik, kita akan menjadi pemain global yang penting dalam global suplai chain untuk kendaraan listrik,“ jelas dia.

Untuk itu, Jokowi berharap peresmian kendaraan listrik ini sebagai tanda bahwa hubungan antara Republik Korea dengan Indonesia semakin baik. Bahkan, kata dia ini merupakan pabrik sel baterai EV yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini saya resmikan pabrik dan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya