Menguat Pagi Ini, Rupiah Diproyeksi Perkasa Sepanjang Hari

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

JakartaNilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin, 1 Juli 2024. Rupiah tercatat menguat sebesar 14 poin atau 0,09 persen ke posisi Rp 16.361 per dolar AS. 

BRImo Catat Jumlah Pengguna 34,6 Juta hingga Mei 2024, Volume Transaksinya Tembus Rp 2.120 Triliun

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp 16.394 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah berpotensi menguat hari ini terhadap dolar AS. Hal ini seiring dengan penurunan indeks dolar AS pada pagi ini.

Hexindo Targetkan Pasarkan Produk yang Bisa Genjot Produktivitas Bisnis Konsumen

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

"Indeks dolar AS terlihat menurun pagi ini, sudah bergerak di bawah 106 lagi di kisaran 105.50-an. Karena pelaku pasar melihat data Core PCE Price Index bulan Mei mengalami kenaikan yang lebih rendah dari bulan sebelumnya, 0,1 persen vs 0,3 persen," kata Ariston kepada VIVA Bisnis, Senin, 1 Juli 2024. 

Bantu Startup Buka Lapangan Kerja

Ariston mengatakan, pasar menilai data yang mewakili inflasi AS mulai terlihat penurunan. Sehingga ada potensi pemangkasan suku bunga acuan AS ke depan.

Selain itu, Ariston mengatakan bahwa nilai tukar negara emerging market lainnya juga terlihat menguat pagi ini seperti SGD, MYR, KRW, PHP, THB, dan ZAR.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Ini membuka peluang penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini," ujarnya. 

Adapun untuk hari ini mata uang rupiah terhadap dolar AS diperkirakan menguat ke kisaran Rp 16.300-Rp 16.330. Sedangkan potensi resisten di sekitar Rp 16.400.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya