Erick Thohir Bicarakan Kesiapan BUMN Pasok Listrik dan Gas di IKN

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau IKN (dok. Humas Kementerian BUMN)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memastikan, sejumlah BUMN siap memasok kebutuhan energi listrik maupun gas, untuk kantor-kantor pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Reaksi Erick Thohir Soal Selebrasi Provokatif Timnas Australia U-16: Kita Dilecehkan

Dalam kunjungannya ke IKN kali ini, Erick juga mengecek kesiagaan para BUMN dalam memenuhi beragam fasilitas penunjang utama, untuk pelaksanaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Alhamdulillah, penugasan penting yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada kementerian dan perusahaan-perusahaan BUMN untuk menyiapkan berbagai fasilitas penting dan utama untuk kantor-kantor pemerintahan di IKN, hingga saat sesuai jadwal," kata Erick dalam keterangannya, Minggu, 30 Juni 2024.

Sah! MIND ID Jadi Pemegang Saham Terbesar Vale Indonesia

Menteri BUMN meninjau kesiapan jaringan gas pertamina di IKN

Photo :
  • Pertamina

Dia menegaskan, baik Istana Presiden, rumah tapak jabatan menteri, hingga kantor kementerian koordinator 3 dan 4, saat ini sudah disuplai jaringan listrik dari PLTS dan jaringan gas. Hal itu dilakukan demi menyambut pelaksanaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang bakal digelar pertama kali di IKN.

Kementerian PAN-RB Paparkan 3 Skema Perpindahan ASN ke IKN

"Dengan waktu tersisa, sekitar sebulan lebih, kunjungan ini bersama para Dirut dan Wadirut BUMN untuk memastikan semua fasilitas yang menjadi tanggung jawab kami bisa selesai tepat waktu," ujarnya.

Erick pun mengunjungi sejumlah fasilitas yang dibangun di IKN, seperti misalnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Training Center PSSI, Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), dan Istana Presiden serta lapangan di depannya yang akan menjadi lokasi upacara 17 Agustus mendatang.

PLN baik melalui PLTS ataupun gardu induknya, diharapkan mampu memasok listrik untuk kebutuhan daya total di lokasi upacara HUT Kemerdekaan. Selain itu, Erick juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga berada dalam posisi aman.

"Begitu pula jaringan telekomunikasi yang menjadi tanggung jawab Telkom. Bagaimana kesiapan layanan dan infrastruktur, sehingga acara HUT RI yang berlangsung di IKN dan Jakarta bisa berlangsung paralel, termasuk siaran langsung melalui TV pool dan konsep acara yang interaktif komunikasi berjalan lancar," kata Erick.

Khusus untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI, PLN siap menggunakan PLTS di IKN untuk mensuplai listrik sebanyak 10 megawatt (MW) dari kapasitas sebesar 50 MW, Gas Insulated Substation (GIS) 150 KV dengan kapasitas 2x60 MVA, jaringan transmisi, jaringan distribusi, dan 9 unit gardu hubung serta gardu distribusi.

"PLN siap menjamin keandalan back up suplay berupa genset untuk kebutuhan daya total venue utama rangkaian upacara HUT RI sebesar 1,5 MW," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya