Genjot Kinerja Bisnis Pengusaha RI di Luar Negeri, BNI Salurkan Diaspora Loan di Jepang

Gedung BNI Tokyo
Sumber :
  • BNI

Jepang – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus mendorong penyaluran kredit bagi para pengusaha Indonesia di luar negeri. Hal itu dibuktikan salah satunya dengan memberikan fasilitas kredit Diaspora Loan kepada pengusaha diaspora di Jepang.

Sekjen NATO: China Berpotensi Picu Konflik Terbesar Eropa sejak Perang Dunia II

Direktur Network & Services BNI Ronny Venir mengatakan bahwa BNI Tokyo sebagai cabang luar negeri dengan status full license dapat menawarkan semua produk dan layanan yang tersedia di perbankan Jepang. Hal itu termasuk kredit bagi para pengusaha diaspora.

“Salah satu fungsi utama kantor luar negeri BNI adalah mendukung segala usaha yang berkaitan dengan Indonesia (Indonesia-Related Business) yang dijalankan oleh diaspora,” ujar Ronny dikutip dari keterangannya, Sabtu, 29 Juni 2024.

Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia, PBSI Minta BWF Kaji Ulang SOP Tim Medis

Gedung BNI

Photo :
  • BNI

Ronny menyebut layanan Keihin Corporation yang memudahkan orang Indonesia untuk mendapatkan perusahaan tempat magang di Jepang merupakan salah satu contoh usaha yang sejalan dengan komitmen BNI.

Mengejutkan, Pengakuan Takumi Minamino Usai Jepang Satu Grup dengan Timnas Indonesia

Dia menjabarkan, kredit disalurkan melalui Keihin Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang jasa tour and travel dan penyalur pekerja magang Indonesia di Jepang.

Di samping kredit yang disalurkan melalui Keihin Corporation, BNI juga memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Magang di luar negeri. Program tersebut merupakan solusi terintegrasi dari BNI, di mana BNI mendukung keberangkatan PMI ke luar negeri melalui KUR PMI.

BNI salurkan Diaspora Loan di Jepang.

Photo :
  • Dokumentasi BNI.

"Setelah menyelesaikan program magang di Jepang, banyak PMI yang berniat untuk membuka usaha di Jepang atau di Indonesia. Bagi mereka yang ingin berbisnis di Jepang, BNI siap membantu dengan Diaspora Loan. Sedangkan bagi yang ingin kembali ke Indonesia, BNI juga menyediakan berbagai fasilitas kredit di tanah air," jelas Ronny.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan dukungan BNI terhadap diaspora diharapkan dapat menginspirasi mereka untuk menjadi wirausahawan. Hal ini dapat meningkatkan hubungan dagang antara kedua negara dan menjadikan BNI sebagai mitra perbankan terpercaya bagi diaspora Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya