Kegiatan Operasional Naik, GMF Aero Asia Raup Laba Bersih Rp 331,48 Miliar pada 2023

Pesawat Garuda Indonesia di Bengkel GMF AeroAsia.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

Jakarta – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) membukukan pendapatan usaha sebesar US$373,2 juta atau Rp 6,12 triliun, dan laba bersih sebesar US$20,2 juta atau Rp 331,48 miliar (asumsi kurs Rp 16.410 per US$) di sepanjang tahun 2023.

Jadi Tokoh PR Paling Berpengaruh 2024, Selly Adriatika: Implementasi Sustainability Paling Krusial

Direktur Utama GMF Aero Asia, Andi Fahrurrozi mengatakan, capaian itu berhasil diraih pihaknya terutama karena adanya peningkatan kinerja operasi, restrukturisasi finansial maupun operasional, dan upaya efisiensi.

"Capaian laba bersih dikontribusikan dari segmen Airframe, Engine, Component, dan Line Maintenance," kata Andi dalam keterangannya, Jumat, 28 Juni 2024.

Pemegang Saham Sepakati Seluruh Agenda, RUPS Tahunan BUMI Angkat Komisaris Baru

Dia menjelaskan, pangsa pasar global GMFI tahun 2023 diperkirakan sebesar 0,4 persen, atau mengalami kenaikan apabila dibandingkan dengan pangsa pasar global tahun 2022. Perubahan tersebut disebabkan oleh mulai pulihnya pasar aviasi pasca-pandemi.

perawatan pesawat di Garuda Maintenance Facility (GMF)

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
BTN Cetak Laba Bersih Rp 1,16 Triliun hingga Mei 2024

Sementara pangsa pasar domestik GMFI tahun 2023 diperkirakan sebesar 25 persen, atau meningkat dibandingkan dengan perkiraan pangsa pasar domestik tahun 2022. Hingga akhir tahun 2023, klien di segmen non-grup afiliasi adalah maskapai kargo internasional, lessor, perusahaan pembangkit listrik, dan beberapa maskapai internasional lainnya.

"Pangsa pasar internasional yang dimiliki Perseroan mencakup negara-negara di wilayah Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa, Oceania, dan Afrika," ujar Andi.

Dia menambahkan, beberapa hal yang menjadi highlight dari kinerja operasional GMFI di antaranya penandatanganan kontrak technical handling di line maintenance Denpasar dengan IndiGo Airlines, dan development capability untuk Boeing 787 dan 737 Max up to Heavy Check.

Perawatan pesawat di Garuda Maintenance Facility (GMF)

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Pada tahun 2023, GMFI pun berhasil menyelesaikan 1st Project Repair Generator & Traxion Motor PT Kereta Api Indonesia (Persero). GMFI pun menjajaki kerja sama dengan Thales melalui penandatanganan nota kesepahaman terkait Repair & Innovation Collaboration, dan dengan Sovico Group mengenai Maintenance Development Collaboration.

Dalam agenda RUPS, para pemegang saham juga sepakat untuk mengangkat kembali Ali Gunawan dan Agit Atriantio sebagai Komisaris Independen.

Dengan demikian, susunan pengurus GMFI sebagaimana hasil keputusan RUPST hari ini adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

- Komisaris Utama/Independen: Dharmadi

- Komisaris Independen: Ali Gunawan

- Komisaris: Rahmat Hanafi

- Komisaris Independen: Abhan

- Komisaris Independen: Agit Atriantio

Dewan Direksi:

- Direktur Utama: Andi Fahrurrozi

- Direktur Keuangan: Salusra Satria

- Direktur Human Capital & Corporate Affairs: Pudjo Sarwoko

- Direktur Line Operation: Mukhtaris

- Direktur Base Operation: Irvan Pribadi

- VP Corporate Secretary & Legal: Rian Fajar Isnaeni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya