Luhut Ajak Produsen Baterai Listrik Kontribusi di Sektor Pendidikan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam sebuah diskusi di Universitas Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menekankan, pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan bangsa, supaya Indonesia bisa menjadi negara maju.

Luhut Ungkap Rencana Ekspor Durian ke Tiongkok, RI Bisa Cuan Triliunan

Dia pun mendorong agar para universitas bisa berperan sebagai ujung tombak pendidikan tinggi dan riset di Indonesia, supaya bisa terus berbenah termasuk dari segi infrastrukturnya.

Luhut pun mengajak salah satu pabrikan baterai electric vehicle (EV) yakni PT CBL Indonesia Investment (CBL), untuk turut berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Hal itu antara lain diwujudkan melalui proyek renovasi empat ruang kelas, yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Bea Cukai Buat Kawasan Bebas dan KEK: Dua Kawasan Berfasilitas untuk Peningkatan Investasi di Batam

Saat meresmikan hasil renovasi keempat ruang kelas tersebut, Luhut pun mengucapkan apresiasinya kepada seluruh pihak termasuk CBL, yang turut berkontribusi dalam membantu salah satu aspek pendidikan di Tanah Air tersebut.

"Terima kasih kepada semua pihak yang membantu, termasuk dari CBL. Saya berharap sumbangsih renovasi kelas yang dilakukan dapat membantu mendorong FEB UI menjadi fakultas ekonomi yang top di dunia, membangun SDM Indonesia yang tidak hanya pintar, tetapi juga memiliki karakter," kata Luhut dalam keterangannya, Jumat, 28 Juni 2024.

Jokowi: Biaya Renovasi Sarana Pendidikan di Kalteng Sekitar Rp 84 Miliar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (Doc: Biro Komunikasi Kemenko Marves)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Dia menjelaskan, renovasi yang dilakukan ditujukan untuk menjadikan kelas yang ada, supaya bisa menjadi lebih modern dan mampu mendukung proses pembelajaran di tempat tersebut.

"Dan tentunya disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan mahasiswa akan teknologi digital," ujarnya. 

Senada, Direktur CBL Indonesia Investment, Tatang Hendra menyampaikan, UI sebagai lembaga pendidikan yang memiliki reputasi dan kapabilitas yang baik, telah menghasilkan banyak praktisi baik di birokrasi maupun di kalangan industri di Tanah Air.

"Bagi PT CBL Indonesia Investment, kolaborasi ini merupakan manivestasi pentingnya kerjasama antara dunia pendidikan dan kalangan pelaku Industri, dalam membangun perekonomian dan dunia pendidikan Indonesia. Semoga partisipasi dari perusahaan bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia pendidikan khususnya di UI dan umumnya di Indonesia," ujarnya.

Diketahui, PT CBL Indonesia Investment merupakan anak perusahaan HKCBL, yang telah menyelesaikan serangkaian transaksi terkait dengan kerjasama hilirisasi mineral nikel terintegrasi dengan PT Antam Tbk. Hal itu sebagai tindak lanjut rencana pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia, pada tanggal 28 Desember 2023 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya