Menko Airlangga Pastikan Tarif Listrik Tak Naik pada Juli 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, tarif listrik belum akan mengalami perubahan alias tidak akan naik selepas Juni 2024. 

Cek Harga BBM Pertamina se-Indonesia Per 1 Juli 2024

Adapun saat ini, tarif listrik yang berlaku masih sama seperti periode April-Juni 2024. Karena berdasarkan aturannya penyesuaian tarif listrik dilakukan setiap tiga bulan. 

"Ya kita kalau mengenai tarif listrik dan yang lain masih relatif tidak ada perubahan," kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 28 Juni 2024.

Erick Thohir Bicarakan Kesiapan BUMN Pasok Listrik dan Gas di IKN

PLN pastikan tak ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Photo :
  • instagram.com/pln_id/

Di sisi ain, Airlangga melanjutkan bahwa pemerintah masih menggodok Revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 terkait harga Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Harga BBM Juli 2024 Bakal Naik? Ini kata Kementerian ESDM

Sebelumnya, Airlangga mengungkapkan, revisi mengenai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak saat ini masih dalam pembahasan.

Airlangga mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat hingga simulasi mengenai revisi aturan ini. Sebab lewat revisi ini, akan mengatur pembatasan BBM bersubsidi, yakni Pertalite agar lebih tepat sasaran, dan tidak membebankan anggaran negara.

"Nanti kita akan bahas, rapatkan, simulasikan dulu." kata Airlangga di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024.

Adapun terkait dengan kriteria pengguna yang bisa membeli BBM bersubsidi Pertalite ini jelas Airlangga, masih adalah dalam pembahasan.

"Ya nanti kita bahas (kriteria masyarakat yang boleh membeli)," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya