BRI Borong 11 Penghargaan dari Finance Asia, Sunarso Sampaikan 3 Tantangan

Direktur Utama BRI, Sunarso saat menerima Finance Asia Awards 2024
Sumber :
  • Dok. BRI

Hong Kong – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI memborong 11 penghargaan dari Finance Asia, di Hong Kong, Kamis, 27 Juni 2024. Salah satu perusahaan dianugerahkan kepada Direktur Utama BRI Sunarso sebagai Chief Executive Officer (CEO) terbaik.

Wacana Perpanjangan Restrukturisasi Kredit, Ini Komentar Dirut BRI

Sunarso menegaskan, pencapaian terpenting bagi BRI tidak semata dilihat dari indikator keuangan, tetapi dari kesadaran seluruh karyawan BRI atau BRIlian bahwa ke depan masih cukup lebar ruang untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan kinerja dan layanan.

“Menurut saya pencapaian terbaik BRI bukan dilihat dari angka-angka, tetapi dari kesadaran teman-teman insan BRIlian untuk tidak merasa nyaman, sudah berada di comfort zone. Tetapi kesadaran bahwa masih cukup lebar ruang untuk melakukan perbaikan,” ujarnya seusai menerima penghargaan, Kamis malam.

BRINS Kasih Bukti Asuransi Kendaraan Operasional Cegah Kerugian Perusahaan

Dia mengibaratkan penghargaan yang diborong BRI seperti orang yang mendaki bukit. “Kalau kita masih punya tenaga, pemikiran, dan semangat, kita tidak boleh camping di bukit itu. Kita harus menciptakan bukit berikutnya untuk kita daki sampai pencapaian berikutnya. Dan ini terus prosesnya kita ulang,” jelasnya.

Direktur Utama BRI, Sunarso saat menerima Finance Asia Awards 2024

Photo :
  • Dok. BRI
BRI Borong 11 Penghargaan Finance Asia, Sunarso Dinobatkan Jadi The Best CEO

Sunarso menekankan, di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi yang dihadapi perbankan saat ini, sebagai CEO, dirinya bertanggung jawab untuk menjelaskan kepada semua orang paham akan tantangan yang dihadapi. Selanjutnya, menyadarkan akan strategi yang menghadapi tantangan, serta mendorong orang untuk mampu melaksanakan strategi yang telah ditetapkan.

“Jadi, ada tiga tantangan yang saya hadapi sebagai CEO, yaitu membuat orang tahu apa yang harus dikerjakan, membuat orang mampu mengerjakan, dan membuat orang mau mengerjakan,” tegasnya.

Dia menjelaskan, semua korporasi, termasuk BUMN, kunci untuk membangun adalah menerapkan tata kelola yang baik (good corporate governance/GCG). 

“Semua perusahaan dan BUMN, kalau GCG-nya baik, pasti semua akan baik. Dan membuat GCG baik itu tidak cukup oleh seorang CEO, tetapi melibatkan seluruh stakeholder. Sosialisasi dan memberi contoh GCG yang baik itu menjadi penting,” katanya.

Direktur Utama BRI, Sunarso saat menerima Finance Asia Awards 2024

Photo :
  • Dok. BRI

Pada kesempatan itu, Sunarso menerima 11 penghargaan dari Finance Asia atas pencapaian kinerja BRI. Tujuh penghargaan di antaranya diperoleh dari kategori Asia’s Best Companies dan 4 penghargaan diperoleh dalam kategori Finance Asia Awards. 

Untuk Asia’s Best Companies, BRI mendapatkan Best CEO (gold) untuk Direktur Utama BRI Sunarso, Best Managed Company (gold), Best Investor Relations (gold), Best CFO (silver) untuk Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu, Most Commited to DEI (silver), Most Commited to ESG (silver), serta Best Large Cap Company (Bronze).

Sementara itu, 4 penghargaan yang diperoleh dalam kategori Finance Asia Awards yaitu Best Bank For Financial Inclusion (winner), Best Commercial Bank – SMEs (winner), Best Sustainable Bank (highly commended) dan Most Innovative Technology (highly commended)
 
Finance Asia merupakan majalah ekonomi dan keuangan terkemuka di Asia Pasifik yang berbasis di Hong Kong. Didirikan pada tahun 1996, Finance Asia memberikan ulasan mendalam mengenai perkembangan ekonomi di wilayah Asia Pasifik, termasuk aksi-aksi korporasi seperti merger dan akuisisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya