Cara Daftar Penerima Bansos BPNT, Bisa Klaim Saldo Dana Gratis Gak Pake Lama

Ilustrasi tagihan uang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) adalah salah satu program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu keluarga miskin dan rentan miskin memenuhi kebutuhan pangan mereka. 

Jokowi Persilakan KPK Usut Tuntas Korupsi Bansos Presiden

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun tujuan dari program BPNT ini salah satunya adalah agar bisa mengurangi beban pengeluaran.

Mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat dalam membeli kebutuhan pangan. Sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. Di mana dengan ada program tersebut nantinya bisa meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat miskin dan rentan miskin.

Sri Mulyani: Belanja Bansos hingga Mei 2024 Naik 12,7 Persen Jadi Rp 70,5 Triliun

Program bansos BPNT ini sendiri rencananya dilaksanakan secara bertahap oleh pemerintah, termasuk tahap keempat yang berlangsung selama dua bulan, yakni Juni dan Juli.

8 Tips Keuangan bagi Kalangan Bawah dari Saldo Dana untuk Wujudkan Financial Freedom

Nantinya program BPNT tersebut disalurkan berdasarkan informasi dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memberikan bantuan berupa saldo DANA gratis sebesar Rp200.000 per bulan yang dibagikan setiap dua bulan sekali. 

Untuk memverifikasi status Anda sebagai penerima bantuan sosial tahun 2024 atau bukan, kalian bisa menggunakan layanan pengecekan melalui online. Di mana layanan tersebut telah disediakan oleh Kementerian Sosial melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan adanya layanan tersebut, Anda bisa dengan cepat mengetahui maupun mengecek apakah Anda termasuk penerima bantuan sosial tahun 2024 atau bukan. 

Cara Cek Penerima Bansos BPNT 

Untuk mendaftar sebagai penerima Bantuan Sosial (Bansos) BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) dan klaim saldo Dana gratis, ikuti langkah-langkah yang telah kami bagikan berikut ini.

Namun, sebelumnya perlu Anda ingat bahwa prosedur ini bisa saja berubah. Jadi, sebaiknya selalu cek informasi terbaru dari sumber resmi seperti Kementerian Sosial Indonesia atau situs pemerintah terkait. Berikut ini terdapat langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengecek layanan tersebut;

  • Pertama-tama Anda bisa langsung pergi ke halaman situs cekbansos.kemensos.go.id dengan menggunakan ponsel atau komputer Anda.
  • Kemudian segera isi berbagai kolom data penerima manfaat dengan memilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan tempat tinggal Anda, serta masukkan nama lengkap sesuai dengan yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Masukan kode verifikasi yang terdiri dari 4 huruf yang telah ditampilkan sebelumnya di "Kotak kode".
  • Klik tombol "Cari Data" dan tunggu informasi muncul di layar.
  • Sistem cek bansos Kemensos akan memeriksa nama penerima manfaat berdasarkan data wilayah yang Anda masukkan. Jika nama Anda terdaftar, maka Anda termasuk sebagai penerima bansos 2024.

Cara Daftar Penerima Bansos BPNT 

Berbeda dengan cara mengecek penerima bansos BPNT, Anda dapat melakukan registrasi online pada DTKS dengan menggunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos, yang tersedia untuk diunduh melalui Play Store. Berikut ini tahap-langkahnya:

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos:

  • Download Aplikasi: Unduh Aplikasi Cek Bansos Kemensos dari Play Store di perangkat HP Anda.
  • Daftar Akun: Buka aplikasi dan klik "Buat Akun Baru" untuk memulai proses pendaftaran.
  • Isi Informasi Pribadi: Lengkapi informasi pribadi Anda seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan nama sesuai dengan KK dan KTP.
  • Unggah Dokumen: Setelah mengisi informasi pribadi, unggah foto KTP dan foto selfie Anda sedang memegang KTP.
  • Verifikasi Akun: Setelah semua data diisi dengan benar, klik "Buat Akun Baru". Verifikasi dan aktivasi akun akan dikirimkan melalui email oleh Kemensos.
  • Daftar Usulan: Setelah akun terverifikasi, buka aplikasi dan akses menu "Daftar Usulan". Isi informasi diri sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Pilih Jenis Bantuan: Pilih jenis bantuan sosial yang ingin diajukan.
  • Proses Verifikasi dan Validasi: Kemensos akan melakukan proses verifikasi dan validasi terhadap data yang Anda ajukan.

Cara Daftar DTKS Online

Anda bisa melakukan cara di atas, jika Anda sebelumnya sudah tercatat dalam DTKS. Namun jika belum, Anda bisa mendaftarkan diri Anda secara online hanya mengikuti prosedur yang tertera di bawah ini. Caranya mudah, berikut selengkapnya;

  • Kunjungi Kantor Desa/Kelurahan: Datang ke kantor Desa/Kelurahan terdekat untuk melakukan pendaftaran.
  • Siapkan Dokumen: Pastikan Anda membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) saat mendaftar.
  • Musyawarah: Dilakukan pertemuan di tingkat Desa/Kelurahan untuk membahas kondisi warga yang memenuhi syarat untuk masuk ke dalam DTKS.
  • Pembuatan Berita Acara: Hasil dari musyawarah tersebut dicatat dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah dan petugas desa lainnya.
  • Verifikasi dan Validasi: Berita Acara digunakan untuk melakukan verifikasi dan validasi data melalui kunjungan petugas Dinas Sosial ke rumah-rumah warga. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya