Rupiah Melemah Lagi ke Level Rp 16.419 per Dolar AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis, 27 Juni 2024. Rupiah melemah sebesar 6 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp 16.419 per dolar AS.

Saham Asia Didominasi Koreksi Dampak Penurunan Nilai Yen Jepang terhadap Dolar AS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 16.435 per dolar AS. 

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah pada hari ini. 

Rupiah Kian Melemah Terhadap US$, Diduga Efek Data Ekonomi AS

"Pada perdagangan hari ini mata uang rupiah fluktuatif namun ditutup melemah," ujar Ibrahim dalam risetnya, Kamis, 27 Juni 2024.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rupiah Terus Melemah, Industri Ini Terancam Ikut Kena Getahnya

Ibrahim menyoroti, soal optimisme pemerintah mengenai kondisi fundamental makroekonomi Indonesia masih berada dalam kondisi baik-baik saja.

"Saat ini tantangan utama pemerintah adalah bagaimana Indonesia bisa waspada dan mengantisipasi agar dampak negatif dari kondisi global tidak masuk ke dalam negeri, dan pentingnya kerja sama antar pihak termasuk Bank Indonesia, pemerintah, dan sektor swasta," jelasnya

Menurutnya, kerja sama ini diperlukan guna menjaga optimisme pasar dan memastikan bahwa ekonomi Indonesia tetap bisa bertahan dan berkembang, meskipun di bawah tekanan global.

Ibrahim mengatakan, untuk mendukung penguatan perekonomian Indonesia pada 2024 terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Hal ini diantaranya meningkatan konsumsi dan investasi, penguatan ekspor komoditas Indonesia, ketahanan sistem keuangan dari dampak gejolak ekonomi global. 

"Kemudian, pengendalian inflasi agar tetap rendah, kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). 2024, keberlanjutan hilirisasi sumber daya alam (SDA), serta pembangunan Infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dianggap berkontribusi dalam upaya pemerataan ekonomi," katanya. 

Adapun untuk perdagangan hari ini, Ibrahim memperkirakan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah di rentang Rp 16.400-Rp 16.460.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya