4 Bisnis Kaesang Ini Ternyata Sudah Gulung Tikar, Berikut Daftarnya

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kaesang Pangarep, putra sulung Presiden Joko Widodo telah menunjukkan minat yang kuat dalam dunia politik setelah beberapa tahun berkarir sebagai pengusaha di berbagai sektor industri.

Kaesang Ingatkan Pemimpin Harus Wujudkan Toleransi Seperti Gibran

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini memiliki sejumlah restoran dan kafe yang menawarkan berbagai hidangan Indonesia dan internasional. Akan tetapi, tidak semua bisnisnya berjalan mulus. Empat bisnis milik Kaesang ini terpaksa harus gulung tikar, berikut daftarnya!

1. Ternak Kopi

Nawawi Bilang Gak Penting Pimpinan KPK Umumkan Hasil Analisis Dugaan Gratifikasi Kaesang

Kaesang Pangarep dalam pembukaan Ternakopi

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Ternak Kopi menjadi salah satu bisnis kuliner milik Kaesang yang dikenal banyak orang. Kedai kopi ini dibuka pertama kali di kawasan Cipayung, Jakarta Timur pada tanggal 6 April 2019. Kaesang, yang masih berusia 24 tahun pada saat itu, memiliki konsep bisnis yang tempatnya berupa kontainer yang sudah di modifikasi dan kemasan kopinya dikemas dalam botol plastik yang dapat diambil pulang (take away).

Pakai Rompi Tulisan 'Putra Mulyono', Kaesang Cek Rumah Tak Layak Huni di Tangerang

Ternak Kopi menawarkan beberapa varian kopi yang diracik sendiri oleh Kaesang, termasuk rasa original, gula jawa, hazelnut, dan karamel. Harga botol kopi yang dipatok seharga Rp 20.000.

Ternak Kopi yang memiliki jargon "Karena Ini Kopi Terenak" telah memiliki sekitar 40 gerai, namun terpaksa harus gulung tikar karena tidak banyak pelanggan. Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 juga membuat pelanggannya hilang. Postingan terakhir di media sosial Ternakopi.id adalah pada bulan November 2022.

2. Siap Mas!

Siap Mas! Milik Kaesang

Photo :
  • instagram @siapmas

Siap Mas adalah bisnis kuliner milik Kaesang Pangarep yang menghadirkan produk makanan ringan seperti keripik singkong dan minuman. Bisnis ini juga menjual berbagai snack ringan yang dapat ditemukan di minimarket dan pusat perbelanjaan. Namun, bisnis ini telah tidak aktif sejak beberapa tahun lalu, unggahan terakhirnya di media sosial Instagram pada 3 Oktober 2020.

3. Truz x Sang Javas

Truz x Sang Javas Milik Kaesang

Photo :

Bukan hanya dibidang kuliner, istri Erina Gudono itu juga memiliki bisnis fashion yang kini telah gulung tikar. Truz x Sang Javas milik Kaesang Pangarep berupa clothing line yang menjual kaos bertema skaters dan hoodie.

Toko Truz x Sang Javas dulu berada Jalan Moh Husni Thamrin, no 9A Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Truz x Sang Javas sudah lama tutup dan sekarang digunakan sebagai gerai kopi Thamrin Coffee.

4. Goola

Startup minuman asli Indonesia, Goola

Photo :
  • Instagram/@goola.id

Goola adalah bisnis minuman tradisional khas Indonesia yang awalnya adalah milik Gibran Rakabuming, sang kakak Kaesang. Namun, bisnis tersebut akhirnya diwariskan kepada Kaesang.

Goola memiliki beberapa produk minuman tradisional yang dikemas secara modern, salah satunya Es Doger. Meskipun awalnya cukup populer, bisnis ini terlihat sudah tidak berjalan aktif. Unggahan terakhir Goola di Instagram pada 7 November 2020 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya