Rupiah Menguat di Level Rp 16.365 per Dolar AS

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Selasa, 25 Juni 2024. Rupiah menguat sebesar 29 poin atau 0,18 persen ke posisi Rp 16.365 per dolar AS.

Perkuat Sisi Timur NATO, AS Kirim Tank dan Kendaraan Lapis Baja ke Polandia

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 16.431 per dolar AS. 

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan nilai tukar rupiah akan ditutup melemah terhadap dolar AS pada hari ini. 

AS Sudah Pasok 10 Ribu Bom dan Rudal untuk Israel sejak Konflik Pecah Gaza

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

"Mata uang rupiah fluktuatif namun ditutup melemah," kata Ibrahim dalam risetnya Selasa, 25 Juni 2024. 

Harga BBM Bulan Depan Bakal Naik? Ini Kata Menteri ESDM

Ibrahim mengatakan, pasar kini tengah merespons positif terhadap Dana Moneter Internasional (IMF). Sebab IMF mengingatkan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk berkomitmen menjaga defisit fiskal tetap berada di bawah 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). 

"IMF melihat fiskal Indonesia akan mengalami ekspansi pada 2024 dan 2025. Namun, IMF melihat defisit yang sedikit lebih kecil akan mendukung pertumbuhan dan bauran kebijakan yang lebih seimbang sekaligus menjaga ruang kebijakan untuk merespons risiko-risiko negatif," ujarnya. 

Di sisi lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan tetap dijaga di bawah 3 persen. 

Adapun untuk hari ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah direntang Rp 16.380-Rp 16.450.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya