IHSG Dibuka Melemah Dibayangi Koreksi Terbatas

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 14 poin atau 0,21 persen di level 6.874, pada pembukaan perdagangan Selasa, 25 Juni 2024.

Saham Asia Kinclong Terdorong Aksi Investor Jual Saham Teknologi

Head of Retail Research Analyst BNI Sekuritas, Fanny Suherman, memprediksi bahwa IHSG berpotensi mengalami koreksi terbatas pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG berpotensi koreksi terbatas karena masih sepi katalis," kata Fanny dalam riset hariannya, Selasa, 25 Juni 2024.

Penjualan Naik 8 Persen, Samator Indo Gas Tebar Dividen Rp 33,1 Miliar

Dia mengatakan, mayoritas indeks di bursa Asia melemah, dan masih bergerak variatif pada perdagangan Senin kemarin. Indeks Nikkei 225 naik 0,54 persen, dan Topix menguat 0,57 persen, Sedangkan Hang Seng ditutup flat 0,0 persen.

Ilustrasi papan saham IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
IHSG Berpotensi Alami Koreksi Terbatas Hari Ini

Indeks Shanghai merosot 1,17 persen, Taiex anjlok 1,89 persen, ASX 200 turun 0,80 persen, dan KOSPI melemah 0,70 persen. Sementara, Straits Times naik 0,25 persen dan FTSE Malaysia turun 0,04 persen.

"Bursa Asia melemah, saat pasar berada di titik kritis memasuki 2H24 dengan prospek suku bunga kebijakan bank sentral utama yang masih belum jelas," ujar Fanny.

Sementara itu, Yen Jepang berada di bawah 160 per US$, sehingga Bank of Japan bersiap melakukan intervensi jika diperlukan. Fokus pasar juga akan tertuju pada penetapan mata uang China, setelah aset-aset negara tersebut kembali dilepas pekan lalu karena para pembuat kebijakan tidak melihat urgensi untuk mengeluarkan lebih banyak stimulus.

Ilustrasi papan IHSG

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Selain itu, di samping menganalisis data inflasi, para investor juga mewaspadai risiko geopolitik pada pekan ini. Debat pertama perdana menteri Inggris dan Presiden AS juga dijadwalkan berlangsung pada pekan ini. 

"IHSG diprediksi bergerak di level support 6.820-6.870, sedangkan level resist berada di 6920-6980," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya