Bidik Pelanggan Segmen Bauksit dan Nikel, Begini Strategi Pengembangan Bisnis Ancara Logistics

[dok. Jajaran Direksi PT Ancara Logistics Indonesia Tbk, saat menggelar Public Expose di Bakrie Tower, Jakarta Selatan, Senin, 24 Juni 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Direktur Utama PT Ancara Logistics Indonesia Tbk (ALII), Faisal Mohamad Nur membeberkan strategi perseroan dalam upaya mengembangkan bisnis logistik, di tengah berbagai tantangan yang dihadapi saat ini.

MSIG Life Bukukan Laba Rp 126 Miliar pada 2023

Strategi pertama menurutnya adalah dengan tetap menjaga hubungan baik dan kelangsungan Life of Mind (LoM) kontrak dengan pelanggan utama, sambil berupaya mencari bangsa pasar baru. 

"Ini kita lakukan antara lain dengan melakukan pelayanan yang terbaik kepada 2 mitra dan 2 pelanggan utama kami," kata Faisal dalam publik ekspos di Bakrie Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 24 Juni 2024.

Pengusaha Menjerit! Barang Impor Banjiri dan Rebut Pasar Produk Lokal

Strategi berikutnya yakni dengan memberikan service tepat waktu, sekaligus memberikan harga yang kompetitif. Hal itu dilakukan seiring dengan langkah optimalisasi penggunaan kapal tunda dan kapal tongkang perseroan.

Ancara Logistics.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id
Bea Cukai Terbitkan Izin Pusat Logistik untuk Dukung Kemajuan Industri Nasional

"Jadi yang kita lakukan dalam operasional itu dilakukan secara daily oleh tim yang sudah kami siapkan," ujarnya.

Selain itu, Faisal memastikan bahwa perseroan juga akan melakukan monitoring terhadap kinerja kapal tunda dan kapal tongkang tersebut. Dalam prosesnya, Dia memastikan bahwa pihaknya juga akan melakukan investasi dalam proses bisnis perseroan untuk optimalisasi aset.

"Jadi dalam prosesnya kita juga akan mencoba untuk terus mengoptimalisasikan proses bisnis kita. Beberapa yang kita akan investasikan yakni di bidang digitalisasi," kata Faisal.

Kemudian, strategi selanjutnya yang paling penting adalah pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Sebab, menurutnya semua strategi yang dilakukan tentunya juga harus didukung oleh SDM yang mumpuni dan kompeten.

Gedung IDX, Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Berikutnya, Perseroan akan berupaya meningkatkan kapasitas intermediate stockpile dan penambahan floating transaction unit (FTU), sebagai target pengembangan perusahaan dalam jangka waktu menengah. Sementara dalam jangka panjang, perseroan juga akan berencana menambah ISP dan juga FTU tersebut.

Langkah terakhir, Ancara Logistics dipastikan juga akan melakukan diversifikasi layanan ke berbagai jenis komunitas sumber daya alam lain selain batu bara, seperti misalnya bauksit dan nikel.

"Jadi kita mencoba berdiskusi dengan berbagai calon pelanggan kita, yang bergerak dalam tambang bauksit maupun nikel maupun lainnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya