Jadi Tren Mas Kawin Selebriti, Ini Keuntungan Membeli Logam Mulia

Ilustrasi Logam Mulia (Emas)
Sumber :
  • Freepik

VIVA –  Logam mulai banyak dijadikan sebagai diversifikasi portofolio investasi oleh pelaku pasar. Alasannya karena logam mulia dinilai dapat memberikan keamanan finansial yang lebih dibanding aset investasi lainnya.

Aaliyah Massaid Suka Belanja Buat Thariq Halilintar, Biasanya Beli Barang Ini

Selain itu, logam mulia juga dinilai dapat menjamin memberikan keuntungan jangka panjang di era penuh ketidakpastian.

Beberapa jenis logam mulia antara lain tembaga, perak, emas, platinum, paladium dan sebagainya. Emas jadi paling banyak diminati masyarakat. Tak hanya dalam bentuk batangan dan koin tetapi emas dalam wujud perhiasan. 

Tersentuh Banget! Cassandra Lee Bacakan Speech Berisi Doa dan Harapan di Pernikahan Beby Tsabina

Bahkan muncul tren menjadikan logam mulia sebagai mas kawin pernikahan. Kepopuleran logam mulia sebagai mahar terjadi di berbagai kalangan, dari mulai masyarakat biasa hingga para artis. 

Tentunya pemilihan logam  mulia sebagai mahar bukan tanpa alasan. Melansir India Gold dan aupreciousmetals.com, berikut beberapa keuntungan membeli logam mulia. 

Keluarga Beberkan Persiapan Pernikahan Aaliyah Massaid-Thariq Halilintar

Logam mulia emas.

Photo :
  • Pixabay

Keuntungan Membeli Logam Mulia

1. Aset Aman dan Stabil 

Dibandingkan dengan saham dan obligasi, logam mulia cenderung memiliki nilai yang lebih stabil dan tahan terhadap guncangan ekonomi. Emas sebagai jenis logam mulia diketahui memiliki nilai yang melekat dalam jangka panjang. 

Nilainya tetap dan tidak terlalu terpengaruh dalam banyak situasi. Tak heran jika logam mulia dianggap sebagai aset safe-haven. Di mana nilainya tetap stabil bahkan meningkat selama inflasi, volatilitas pasar, atau ketidakpastian geopolitik.

2. Mudah Dicairkan menjadi Uang Tunai

Keunggulan logam mulia, yakni mempunyai daya likuiditas tinggi. pemilik logam mulia dapat dengan mudah menjual untuk dicairkan menjadi uang tunai. Transaksi buyback emas dan logam mulia lain terbilang singkat sekitar beberapa hari saja. Sehingga banyak yang menjadikan logam mulia sebagai dana darurat karena dapat dicairkan dengan mudah di saat yang mendesak. 

Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/pri

3. Kemudahan Penyimpanan 

Keunggulan logam mulia lain adalah mudah disimpan. Pemilik logam mulia dapat menyimpan sendiri di rumah atau memanfaatkan layanan penyimpanan di bank (safe deposit box). Hal itu membuat pikiran menjadi lebih ketenangan karena bisa mengontrol dan mengakses aset dengan mudah. 

Jika memilih menyimpan di rumah, pastikan lokasi penyimpanan tidak diketahui banyak orang. Pilih tempat yang tidak lembab atau suhu ekstrem yang berpotensi merusak kondisi logam mulia. Sehingga disarankan untuk menyimpan di dalam brankas. 

4. Perlindungan Nilai dari Inflasi

Logam mulia menjadi aset yang memberikan perlindungan nilai dari inflasi. Lantaran ketika harga barang dan jasa naik maka nilai emas ikut melonjak. Hal itu membuat pemilik logam mulia tidak perlu khawatir kehilangan daya beli.

Nilai emas juga cenderung naik seiring dengan inflasi sehingga dapat membantu menjaga daya beli uang di masa depan. Dengan begitu harta kekayaan tetap bernilai sama di masa depan meski berbagai harga sudah melambung tinggi. 

5. Tidak Perlu Keahlian Khusus

Membeli logam mulia sebagai aset investasi tidak memerlukan keahlian khusus seperti halnya saham, kripto, obligasi, reksadana dan sebagainya. Pemilik atau investor hanya perlu membeli dan menyimpan dengan baik di tempat yang aman.

Investor juga tidak perlu memperhatikan pergerakan grafik sepanjang hari. Cukup melakukan pemantauan sesekali untuk mengetahui harga terkini logam mulia. Tujuannya untuk menentukan waktu terbaik untuk menjual dan waktu ideal untuk menambah aset logam mulia. 

6. Tingkat Pajak Rendah

Keuntungan membeli logam mulia lainnya adalah pengenaan biaya pajak yang rendah. Bahkan beberapa jenis logam mulia tidak dikenakan pajak sama sekali. Misalnya emas SBI yang diperlakukan sebagai produk non-ekuitas dari perspektif pajak. Pemilik aset dapat melakukan klaim perolehan income setelah melakukan investasi selama satu tahun.  

Ilustrasi perhiasan emas

Photo :
  • ist

7. Disimpan sebagai Warisan Berharga

Logam mulia dapat menjadi warisan yang berharga untuk generasi mendatang. Nilai emas cenderung naik seiring waktu, sehingga dapat menjadi aset yang berharga untuk diteruskan kepada anak cucu. Logam mulia juga mudah disimpan dan diangkut, menjadikannya pilihan ideal untuk diwariskan.

8. Dapat Digunakan sebagai Perhiasan

Logam mulia, seperti emas dan perak, juga dapat digunakan untuk membuat perhiasan dan barang mewah. Perhiasan emas dan perak selalu diminati dan dapat menjadi investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang. Karena selain sebagai simpanan kekayaan tetapi dapat dimanfaatkan sebagai perhiasan yang tergolong barang mewah untuk menunjang penampilan. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya