Kerja Sama Bea Cukai Jambi Buka Peluang Ekspor UMKM ke Pasar Internasional

Kerja Sama Bea Cukai Jambi Buka Peluang Ekspor UMKM ke Pasar Internasional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bea Cukai Jambi bersama Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Provinsi Jambi serta Pelindo Regional 2 Pelabuhan Talang Duku melepas ekspor perdana 36 ton komoditas biji pinang belah (split betel nut) dari Jambi ke pasar Bangladesh. Ekspor ini dilakukan oleh PT Alfa Indo Asia pada Jumat, 21 Juni 2024.

Bea Cukai Terbitkan Izin Pusat Logistik untuk Dukung Kemajuan Industri Nasional

Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Wijang Abdillah, ekspor perdana ini menandai langkah signifikan perekonomian lokal dan memperkuat posisi Jambi sebagai produsen biji pinang belah berkualitas tinggi. Hal ini tak lepas dari kerja keras dan kolaborasi yang telah terjalin melalui program klinik ekspor yang diselenggarakan Bea Cukai Jambi dengan PT Alfa Indo Asia.

“Jadi melalui program Klinik Ekpor, kami mendampingi dan membimbing para pelaku UMKM agar mampu berkembang dan menembus pasar internasional. Ekspor perdana PT Alfa Indo Asia ini adalah salah satu hasil dari upaya tersebut,” sambungnya.

Sandang Status AEO, Perusahaan Rokok Ini Berhasil Ekspor Perdana Sigaret Komersial

Selain Bea Cukai Jambi, keberhasilan ekspor ini adalah buah dari sinergi dengan pihak terkait, seperti Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Provinsi Jambi, serta Pelindo Regional 2. Sinergi ini dinilai penting untuk memastikan kelancaran proses dan kepatuhan terhadap regulasi ekspor, sehingga berujung pada keberhasilan ekspor dan perbaikan ekonomi masyarakat, khususnya di Jambi.

Strategi Jitu Memilih Afiliator TikTok untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis di Era Digital

“Semoga ekspor perdana ini tidak hanya menjadi awal yang baik, tetapi juga dapat membuka peluang baru bagi petani lokal untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui ekspor komoditas unggulan. Kami pun berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan ekspor dari Jambi, sehingga memperluas hilirisasi komoditas ekspor di Provinsi Jambi,” pungkas Wijang.

Acara Konferensi Studi Alquran Internasional PTIQ ke-1

Perkuat Wawasan tentang Al-Qur'an, Universitas PTIQ Gelar Seminar Internasional

Universitas PTIQ Jakarta menyelenggarakan Seminar Internasional di Auditorium Universitas PTIQ Jakarta untuk memperkuat Wawasan tentang Al-Qur’an.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2024