Erick Thohir Bangga MotoGP 2024 Kembali Digelar di Sirkuit Mandalika

Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam konferensi pers di Gedung Danareksa, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir bangga karena Pertamina Mandalika International Circuit kembali menjadi tuan rumah MotoGP 2024. Ajang balap motor tersebut bakal digelar pada 27-29 September 2024 mendatang.

Pembalap Ducati Ini Gak Malu Senggol Marc Marquez yang Pakai Motor Bekas

Hal itu diakuinya karena Sirkuit Mandalika yang dibangun sejak 3 tahun lalu itu, kembali berhasil menjadi salah satu yang terbaik untuk pelaksanaan kompetensi balap berskala internasional tersebut.

"Ini gelaran MotoGP yang ketiga dari kontrak 10 tahun. Terus terang, ini sangat memorable," kata Erick dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

Marc Marquez Salahkan Senggolan dengan Bastianini Usai Gagal Podium dan Penalti 16 Detik

MotoGP Mandalika.

Photo :
  • Dok: Suzuki-Racing

Erick mengaku, Dia bahkan tak membayangkan sebelumnya bahwa Sirkuit Mandalika bisa menjadi salah satu tempat event internasional yang terbaik di dunia itu. "Kalau kita pikir, 3-4 tahun lalu ketika tahun 2020, enggak kebayang kita punya sirkuit sebagus ini. Tapi ternyata Indonesia bisa, dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia," ujar Erick.

Kembangkan Program Pemberdayaan Masyarakat, Pertamina Boyong 96 Penghargaan di ISRA Award 2024

Dengan ajang sebesar ini, Erick meyakini bahwa Indonesia bisa mencuri perhatian publik global, serta memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal. Hal itu sekaligus mengukuhkan posisi The Mandalika, sebagai 'The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination'.

"Saya optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP ini tak hanya sekadar balapan motor, tapi juga kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika sebagai destinasi sportainment berkelas dunia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan disulap menjadi pusat gelaran olahraga dan hiburan, termasuk dengan pemanfaatan Sirkuit Mandalika sebagai ajang balap kelas internasional tersebut.

"KEK mandalika kita posisikan sebagai kawasan ekonomi khusus di bidang sports dan entertainment, sebagai bagian dari percepatan pertumbuhan pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Karena sirkuit yang kita bangun 3 tahun yang lalu, hari ini tingkat pemanfaatannya mencapai 240 hari per tahun," ujarnya.

Sebagai informasi, gelaran MotoGP 2023 tahun lalu telah berhasil memberikan multiplier effect besar bagi masyarakat sekitar, dan mendongkrak Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar Rp 4,3 triliun dengan perputaran uang sebesar Rp 914 miliar.

Selain itu, capaian positif lainnya yakni adanya penyerapan tenaga kerja sebanyak 2.136 orang, dengan pendapatan naik hingga mencapai 50,5 persen dan menarik lebih dari 100 ribu penonton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya