Bank Muamalat Incar Gen Z Jadi Nasabah Berkelanjutan, Kenalkan Sukuk dan Reksa Dana

Bank Muamalat [dok. Humas Bank Muamalat]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berkomitmen untuk terus fokus pada upaya edukasi mengenai penggunaan instrumen keuangan syariah, yang terjangkau bagi generasi Z khususnya kalangan mahasiswa.

Cawalkot Pekanbaru Janji Bakal Bangun Sirkuit Balap untuk Generasi Z

Senior Executive Vice President (SEVP) Retail Banking Bank Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, salah satu upayanya yakni dengan memperkenalkan dua produk unggulan Bank Muamalat, yaitu sukuk dan reksa dana.

"Kedua produk ini diharapkan dapat menjadi alternatif investasi yang aman, dan sesuai prinsip syariah bagi para mahasiswa," kata Dedy dalam keterangannya, Jumat, 21 Juni 2024.

Terkuak Alasan Gen Z Sulit Punya Rumah Pribadi

Muamalat Tower/Bank Muamalat Pusat

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Dia memastikan, sebagai pionir bank syariah di Indonesia, Bank Muamalat berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan layanan terbaik bagi para nasabah, khususnya para generasi muda. Komitmen itu pun diwujudkan dengan memberikan edukasi perencanaan keuangan syariah kepada para generasi Z di Jawa Tengah dan Yogyakarta, melalui seminar bertajuk "Investment Literacy Goes to Campus".

Investasi Reksa Dana Meningkat, Dana Kelolaan BRI-MI Capai Rp 31,97 Triliun

Seminar edukatif ini diadakan di dua lokasi, yaitu di Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang pada Rabu, 12 Juni 2024, dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta pada Jumat, 14 Juni 2024.

Dedy menyebut, Jawa Tengah dan Yogyakarta dipilih karena merupakan wilayah dengan dana kelolaan reksa dana dan sukuk terbesar di Bank Muamalat. Bahkan, sudah ada universitas yang telah menjadi investor reksa dana di Bank Muamalat, dan memanfaatkan dana tersebut sebagai dana abadi. 

"Melalui seminar ini kami berharap dapat memberikan wawasan mengenai pentingnya literasi keuangan syariah sejak dini kepada mahasiswa yang merupakan generasi Z," ujar Dedy.

Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan para mahasiswa juga dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak dan sedini mungkin. Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Bank Muamalat, dalam mengincar market gen Z sebagai nasabah berkelanjutan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi muda yang melek keuangan, dan siap menghadapi tantangan finansial di masa depan," ujarnya.

Sebagai informasi, per 31 Maret 2024, dana kelolaan produk wealth management di Bank Muamalat tumbuh sekitar 40 persen dari total dana kelolaan pada akhir 2023. Saat ini, mayoritas dana investasi nasabah ditempatkan di instrumen deposito, disusul sukuk negara dan reksa dana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya