Riset Ungkap E-Commerce Berlomba-lomba Puaskan Konsumen Berbelanja Online, Siapa Juaranya?

Ilustrasi e-commerce.
Sumber :
  • Entrepreneur

Jakarta – Perusahaan riset pasar IPSOS melalui survei terbarunya awal 2024, bertajuk ‘Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce’, menunjukkan bahwa para pemain e-Commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing melalui inovasi fitur serta program.

Perkaya Pengalaman Berbelanja, Shopee Wujudkan Inovasi bagi Brand Lokal dan Konten Kreator

Riset itu pun menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online. Berdasarkan data sebesar 62 persen Shopee menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya,

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-Commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan bagi konsumen.

Tren Belanja di Momen Akhir Tahun Meningkat, Layanan Cepat dan Terjangkau Makin Diandalkan

Shopee.

Photo :
  • Antara

"Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan, didukung oleh data, di mana Shopee 62 persen menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia 46 persen, TikTok Shop 42 persen, dan Lazada 36 persen," kata Andi secara virtual di Jakarta, Kamis, 20 Juni 2024.

Big Bang Festival 2024 Hadir, Siap Jadi Tempat Liburan, Belanja dengan Diskon Besar hingga Konser

Andi menuturkan, pertumbuhan teknologi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam perilaku berbelanja online masyarakat. Para pemain e-Commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing melalui inovasi fitur serta program.

Tokopedia.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

“Sejak kehadiran platform e-Commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-Commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam," jelasnya.

IPSOS Indonesia.

Photo :
  • Dokumentasi IPSOS Indonesia.

Menurutnya, strategi Platform e-Commerce dalam menghadirkan pengalaman belanja secara holistik memberikan pengalaman berbelanja secara holistik dengan mengedepankan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama pada sebuah platform e-Commerce.

“Riset kami menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya