Sistem Imigrasi di Bandara Terganggu, Kemenhub Instruksikan Angkasa Pura Lakukan Ini

Situasi penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jakarta – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI melalui akun X @ditjen_imigrasi, mengumumkan perihal adanya gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) yang terjadi hari ini.

Manajemen Jamin Tak Ada PHK di Proses Merger Angkasa Pura I dan II

Dalam unggahan tersebut, pihak Ditjen Imigrasi menyampaikan bahwa gangguan tersebut telah mempengaruhi seluruh layanan keimigrasian di bandara.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," tulis unggahan tersebut, Kamis, 20 Juni 2024.

Libur Sekolah, Penumpang di Bandara Soetta Tercatat Capai 180 Ribu Orang Dalam Sehari

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, gangguan pada server PDN itu tidak menyebabkan keterlambatan (delay) pesawat pada jadwal penerbangan internasional hari ini.

Situasi penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
Respons Pihak Imigrasi dan Air Asia Usai Viral Soal Paspor Rusak Gegara Selebgram Cut Melisa

Dia memastikan, pihak PT Angkasa Pura II (Persero) alias AP II juga telah memastikan mengenai hal itu. Bahkan, Adita mengaku telah meminta AP II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta, untuk melakukan sejumlah hal guna mengantisipasi kondisi tersebut.

"Kami sudah minta pihak operator Bandara Soetta untuk mengantisipasi hal tersebut, antara lain dengan membuka maksimal seluruh counter untuk pelayanan secara manual," kata Adita saat dihubungi VIVA Bisnis, Kamis, 20 Juni 2024.

Kemudian, AP II juga sudah diminta untuk melakukan pengaturan dan pembatasan keluar-masuk penumpang untuk manajemen antrean.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati

Photo :
  • Istimewa

Hal itu harus dilakukan melalui sinergi oleh para personil bandara, pihak maskapai, dan petugas imigrasi, yang harus bersama-sama melakukan pengaturan di lapangan.

"Lalu kami mengimbau kepada penumpang agar datang lebih awal, untuk mengantisipasi waktu lebih lama yang dibutuhkan untuk persiapan terbang," kata Adita.

"Pengelola bandara juga diimbau untuk melakukan langkah-langkah simpatik kepada penumpang, seperti pemberian air minum dan lain sebagainya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya