Perhatikan 5 Hal Berikut Jika Mau Mengaktifkan dan Transaksi Tokopedia Paylater

Cara mengaktifkan tokopedia paylater
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Selain kartu kredit, Tokopedia paylater adalah cara menarik lainnya untuk bisa ambil cicilan di Tokopedia dengan mudah dan cepat.

Rahasia Menghasilkan Jutaan Saldo Dana Gratis dari HP dengan Cepat

Ditambah lagi, Tokopedia juga sudah menggandeng berbagai fintech ternama sebagai mitra paylaternya. Ada GoPay Later, Kredivo, dan juga BRI Ceria yang bisa menjadi pilihanmu.

Dengan menjalin kemitraan ini, cara mengaktifkan Tokopedia paylater akan sangat bergantung dengan aplikasi mana yang dipilih, karena setiap layanan memiliki mekanisme pendaftarannya masing-masing. Kecuali sudah punya akunnya, maka otomatis transaksi di Tokopedia bisa langsung dilakukan.

Todong Senjata Tajam ke Penjaga Konter, Pria di Ciledug Ditangkap Polisi

Namun, di setiap transaksi keuangan, biasanya juga ada risiko atau bahaya yang mengintai. Terlebih dalam transaksi pakai aplikasi paylater yang berbasis online. Apabila Anda berencana daftar dan pakai Tokopedia paylater, ada baiknya berhati-hati terhadap 5 hal ini supaya aman, ya:

Pastikan pakai Paylater yang bekerja sama dengan Tokopedia

Tips Hindari Aplikasi Game Bodong yang Janjikan Saldo Dana Gratis

Bedanya dengan kartu kredit yang bisa dipakai di semua merchant, Paylater memiliki akses yang terbatas dan hanya bisa digunakan di merchant yang sudah bekerja sama.

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, ada beragam Fintech yang bekerja sama dengan Tokopedia, tetapi ada satu Fintech yang #Sefleksibelitu dan patut Anda pertimbangkan untuk digunakan, yaitu Kredivo.

Namun, sebelum mendaftar Anda juga wajib mengetahui syarat pendaftaran Kredivo, yaitu:

  1. WNI berusia 18 - 60 tahun.
  2. Punya pekerjaan dan sudah berpenghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Indonesia.
  4. Khusus akun Premium Kredivo, ada syarat tambahan yaitu berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Bengkulu, Jambi, Subang, Garut, Majalengka, Indramayu, Banyumas, Cilacap, Pekalongan, Jombang, Jember, Mataram, Gorontalo, Kendari, Minahasa Utara, Minahasa, Bitung, Banyuwangi, Kampar, Kudus, Klaten, Kendal, Demak, Serang, Bantul, Kuningan, Pemalang, Banjar, Kota Kupang, Ambon, Palu, Tabanan, Bengkulu Tengah, Muaro Jambi, Batang, Nganjuk, Barito Kuala, Lampung Selatan, Lombok Barat dan Binjai

Apabila Anda mendaftarkan diri sebagai akun Premium Kredivo, maka Anda bisa berkesempatan mendapatkan limit Rp50 juta dan menikmati seluruh fitur, mulai dari kredit online bunga mulai dari 0%, dengan tenor hingga 24 bulan, pinjaman tunai dan lain sebagainya.

Nah, dengan mendaftarkan diri ke Fintech yang bekerja sama dengan Tokopedia, Anda juga bisa meminimalisir risiko penipuan. Selain itu, pendaftaran akun Paylater tidak sia-sia, karena bisa langsung digunakan ketika akunnya sudah aktif.

Harus registrasi sesuai instruksi yang tersedia

Karena berbasis online, semua tahap pendaftaran aplikasi Paylater akan perlu dilakukan secara online di smartphone. Nah, sangat penting untuk memastikan Anda sudah mengikuti seluruh instruksi pendaftaran dengan benar dan tidak ada satu pun syarat yang terlewat atau salah isi.

Sebab, apabila data tidak cocok, maka pendaftaran Paylater Anda sangat mungkin untuk ditolak. Jadi, saat proses registrasi, jangan lupa untuk lebih teliti lagi dan memeriksa data yang akan di isi sebelum menyelesaikan pendaftaran, ya.

Hindari tawaran jasa pencairan limit Tokopedia paylater

Hal selanjutnya yang harus diwaspadai ketika ingin mendaftar Paylater adalah berbagai tawaran jasa pencairan limit yang muncul di online atau via media sosial. Limit Paylater umumnya berbentuk nontunai dan hanya bisa digunakan untuk transaksi langsung di Tokopedia atau e-commerce lainnya.

Sayangnya, jasa pencairan limit Paylater banyak beredar di online. Hal ini tentu harus dihindari sebab ini adalah modus penipuan dan berbahaya untuk keamanan atau akses akun Paylater Anda.

Kalaupun bisa dicairkan, pastikan hanya memakai cara resmi yang disediakan pihak Paylater. Misalnya Kredivo yang menyediakan fitur pinjaman tunai untuk mencairkan limit kredit menjadi pinjaman, secara langsung di halaman depan aplikasinya.

Jangan menggunakan bantuan pihak ketiga untuk melakukan pendaftaran

Jangan pernah sekali-kali meminta bantuan ketika mendaftar akun Paylater, baik ke kerabat atau pihak lainnya. Sebab, hal ini akan berisiko terhadap keamanan data-data pribadi yang Anda miliki.

Di samping itu, proses pendaftaran Paylater biasanya sudah dibuat atau dirancang semudah mungkin sehingga kita bisa melakukannya sendiri secara online tanpa bantuan siapa pun.

Hindari juga iming-iming pihak ketiga yang menawarkan bantuan pendaftaran dengan jaminan “pasti approve” karena ini juga termasuk modus penipuan.

Selalu cek jumlah limit & kondisi keuangan saat bertransaksi

Setelah Anda memiliki akun yang aktif, jangan lupa untuk mengecek jumlah limit secara berkala. Apalagi jika Anda ingin melakukan transaksi, pastikan limit yang Anda miliki cukup untuk membeli barang yang Anda beli, ya!

Selain itu, kondisi keuangan juga harus diperhatikan. Apakah keuangan Anda dalam kondisi baik? Apakah cicilan per bulannya sesuai dengan kemampuan bayar Anda? Hal ini patut diperhitungkan agar penggunaan Paylater tetap maksimal dan histori kredit Anda tetap terjaga dengan baik.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah usahakan untuk bayar tepat waktu setiap tagihan supaya nggak kena denda atau bunga tambahan, serta selalu bijak dalam menggunakan layanan keuangan ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya