Bank Indonesia Naikkan Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Global 2024 Jadi 3,2 Persen

Gedung Perkantoran Jakarta (Ilustrasi Kondisi Ekonomi RI).
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) merevisi ke atas pertumbuhan ekonomi global pada 2024. BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,2 persen atau naik dari proyeksi sebelumnya yang sebesar 3 persen.

Progres Positif Pembangunan Gedung Berfasilitas Lengkap untuk Kemandirian Pemuda

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan naiknya proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2024 ini, dikarenakan membaiknya pertumbuhan ekonomi India dan China. 

"Pertumbuhan ekonomi global pada 2024 diperkirakan mencapai 3,2 persen, lebih tinggi dari prakiraan awal, terutama dengan lebih baiknya pertumbuhan India dan Tiongkok," kata Perry dalam konferensi pers Kamis, 20 Juni 2024.

Bank Indonesia Kembangkan Proyek Nexus Buat Permudah Pembayaran Instan Antarnegara

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Perry menjelaskan, ekonomi Amerika Serikat (AS) kini sedang tumbuh kuat. Hal ini ditopang oleh perbaikan permintaan domestik dan peningkatan ekspor dengan penurunan inflasi AS yang masih berjalan lambat.

Sri Mulyani Restui 11 BUMN dan Bank Tanah Manfaatkan Aset Negara, Ini Daftarnya

"Kondisi ini mendorong Fed Fund Rate (FFR) diperkirakan baru akan turun pada akhir tahun 2024," jelasnya.

Sementara itu, European Central Bank (ECB) terang Perry, telah menurunkan suku bunga kebijakan moneternya lebih cepat. Dalam hal ini sejalan dengan tekanan inflasi yang lebih rendah.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Divergensi kebijakan moneter negara maju ini serta masih tingginya ketegangan geopolitik menyebabkan ketidakpastian pasar keuangan global tetap tinggi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya