Libur Idul Adha 2024, KAI Bandara Catat Angkut 40.112 Penumpang

Aktivitas penumpang KAI Bandara.(dok PT Railink )
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – Libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, PT Railink mencatat KAI Bandara di Medan, mengangkut atau melayani 40.112 penumpang pada periode 14 hingga 18 Juni 2024. Dengan perjalanan KAI Bandara Stasiun Medan ke Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deliserdang.

Industri Penerbangan Non Airline Diperkirakan Tumbuh 300 Persen, Ini Pendorongnya

Hal itu, diungkapkan oleh Corporate Communications KAI Bandara, Sosiawan Surbakti, Kamis 20 Juni 2024. Ia mengatakan jumlah tersebut, mengalami peningkatan penumpang sekitar 15 persen, dibandingkan hari biasa.

"Di Medan jumlah penumpang KAI Bandara sebesar 40.112 penumpan, berbeda dibandingkan hari biasa yaitu bekisar 7000 penumpang per hari. Penumpang teringgi di Kota Medan yaitu pada tanggal 18 Juni 2024 dengan layanan sebanyak 9.117 penumpang," kata Sosiawan.

Kemenhub Targetkan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai Rampung Kuartal III-2026

Sedangkan, diperiode yang sama, KAI Bandara di Yogyakarta melayani 40.677 penumpang. Dengan itu, total penumpang di Medan dan Yogyakarta, KAI Bandara melayani 80.789 penumpang.

Kereta Api Bandara Medan-Kualanamu, Sumatera Utara.

Photo :
  • VIVAnews/Putra Nasution
Balon Isi Sampah dari Korut Mendarat di Bandara Incheon, Aktivitas Penerbangan Terhenti

"Lonjakan penumpang paling tinggi yaitu pada tanggal 18 Juni 2024 yaitu sebanyak 17.949 total penumpang yang menggunakan layanan KA Bandara di Medan dan Yogyakarta," sebut Sosiawan.

"Selama long weekend itu penumpang KA Bandara mencapai 50.056 penumpang atau meningkat 15 persen, dibanding pekan sebelumnya 7 sampai 9 Juni 2024 di mana KAI Bandara  melayani 46.007 penumpang," tutur Sosiawan kembali.

Sosiawan mengatakan pihaknya sangat antusias dapat mendukung mobilitas penumpang selama libur Idul Adha tahun 2024 ini. 

"Dengan melayani lebih dari 80.789 penumpang KAI Bandara, kami berusaha untuk memastikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua pelanggan kami," sebut Sosiawan.

Atas peningkatan penumpang tersebut, Sosiawan mengucapkan terima kasih kepada semua penumpang yang telah memilih KA bandara, sebagai sarana transportasi selama Libur Idul Adha.

Bandara Kualanamu Internasional Airport.

Photo :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

"KAI Bandara akan terus berupaya untuk meningkatkan pengalaman perjalanan demi kenyamanan dan keamanan penumpang," imbuh Sosiawan.

Sosiawan menambahkan para penumpang juga diharapkan dapat melakukan pemesanan tiket, dengan segera untuk memastikan ketersediaan tempat.

"Kemudian, mengingatkan kepada penumpang agar memilik KA dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan pesawat, yakni 2 jam sebelum keberangkatan domestik atau 3 jam sebelum keberangkatan internasional," ucap Sosiawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya