Suharso Ungkap Ada Eselon I Bappenas Sampai Sekarang Masih Terima Dana Bansos, Aneh Kan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa mengungkapkan eselon I di Kementerian Bappenas hingga saat ini masih menerima bantuan sosial (bansos). 

Cara Cairkan Bansos Rp900 Ribu Langsung ke Rekening, Cek di Sini!

Hal ini disampaikan Suharso dalam acara Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Regsosek, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta. 

"Eselon I di Bappenas itu bisa menerima bansos, aneh kan, Pak Sekjen Kemenkeu ketawa kan. Dan sampai sekarang Kemal masih terima, kemarin saya tanya masih terima dan dia berikan kepada yang lebih berhak," kata Suharso Kamis, 20 Juni 2024. 

Klaim Rp200 Ribu Pakai Link DANA Kaget Hari Ini Kamis 26 September 2024, Cek Caranya di Sini!

Sehingga dengan hal ini, Suharso menilai adanya sistem Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) akan membuat data penerima menjadi lebih tepat. 

"Mudah-mudahan sekali lagi dengan adanya Regsosek ini bisa tepat," jelasnya.

INFOGRAFIK: Legacy Jokowi, Bansos Melimpah untuk Perut Rakyat

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Suharso menjelaskan, informasi yang dimiliki oleh Regsosek ini memudahkan untuk mengidentifikasi penerima bansos. Misalnya, Regsosek bisa menganalisis kondisi rumah hingga menentukan jenis bantuan yang bisa diterima masyarakat. 

"Informasi yang dimiliki Regsosek ini akan memudahkan untuk mengidentifikasi para penerima manfaat atau kelompok penerimaan manfaat. Contohnya data Regsosek dapat menganalisis kondisi rumah serta anggota rumah tangga sehingga kita bisa memastikan jenis-jenis bantuan yang akan kita berikan kepada mereka," imbuhnya. 

"Dengan demikian setiap intervensi akan dampak yg optimal maksimal bagi masyarakat baik secara individual dan kemudian bagi lingkungan kesejahteraan," imbuhnya.

Ilustrasi pencairan dana bantuan sosial (bansos)

Photo :

Adapun informasi eselon I Bappenas menerima bansos bukan hal yang baru. Pasalnya hal ini pernah diungkapkan Suharso pada 2022 silam. Suharso mengakui di tahun 2022, seorang pejabat eselon I mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT).

"Sampai hari ini, yang derajatnya eselon 1 masih mendapatkan BLT, sampai hari ini," kata Suharso dalam telekonferensi di channel YouTube Bappenas RI, dikutip Jumat 16 September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya