Menperin Ajak Wuling Dongkrak Produksi dan Jadikan RI Hub Ekspor ke Pasar Global

Menperin Agus Gumiwang bertemu petinggi Wuling [dok. Humas Kementerian Perindustrian]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, menggelar pertemuan dengan jajaran SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd di Beijing. Ini dilakukan guna mendorong mereka untuk meningkatkan produksinya di Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi untuk ekspor ke pasar global.

Mobil Listrik Baru Rp300 Jutaan Ini Cuma Butuh Dicas 21 Menit

"Kami memberikan apresiasi kepada Wuling yang merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengisi mobil EV (electric vehicle) di Indonesia. Apalagi Wuling menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya fasilitas pabrikasi EV di luar Tiongkok," kata Agus Gumiwang dalam keterangannya, Rabu, 19 Juni 2024.

Wuling Air ev di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Photo :
  • Wuling Motors
Suzuki akan Setop Jualan Jimny dan Ignis, Ada Tapinya

Menperin menyampaikan dua hal terkait perkembangan bisnis kepada Wuling. Pertama, agar Wuling dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas produksinya di Indonesia.

"Menurut kami, pengembangan Wuling di Indonesia tidak cukup berhenti di sini. Potensi luar biasa yang sudah diberikan oleh Wuling dapat dikembangkan atau dimanfaatkan di Indonesia," ujar Agus Gumiwang.

Ditjen Bina Adwil Kemendagri Jajaki Kerja Sama RI-Tiongkok Dalam Penanggulangan Kebakaran

Kedua, Menperin mendorong Wuling menjadikan Indonesia sebagai hub untuk mengekspor produk-produk Wuling ke seluruh dunia, di luar produk-produk Wuling dari Tiongkok.

"Khususnya untuk menjawab permintaan pasar secara keseluruhan," ujarnya.

Sementara, President Director PT SGMW Motor Indonesia, Mr. Shi Guoyong menyebut, selama tujuh tahun beroperasinya di Indonesia, investasi Wuling telah mencapai lebih dari US$700, menjangkau sekitar 130.000 pembeli, serta melakukan ekspor ke Thailand.

Menurutnya, dukungan dan insentif yang diberikan pemerintah Indonesia telah memungkinkan perusahaan melakukan investasi dengan lancar, sehingga saat ini mereka dapat memproduksi tiga jenis produk EV. Selain itu, salah satu stakeholder Wuling, yaitu SAIC Co. selaku produsen kendaraan MG, jugaberinisiatif meningkatkan investasi dengan menambah merek MG dalam jajaran EV yang diproduksi oleh Wuling.

Dia juga menyampaikan rencana ke depan yang akan dijalankan oleh Wuling Indonesia. Misalnya seperti rencana menjajaki pasar Australia, New Zealand, Malaysia, dan Afrika Selatan. Kemudian, ada juga rencana memproduksi EV jenis 7-seater MPV, seiring upaya meningkatkan sistem pasokan EV dengan merangkul beberapa perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia.

“Kami mengedepankan pengembangan EV, terutama dengan meluncurkan produk yang berkualitas dengan teknologi tinggi baik untuk brand Wuling dan MG," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya