Dibuka Menguat, IHSG Dibayangi Pelemahan Rupiah dan Capital Outflow

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 1 poin atau 0,03 persen di level 6.736, pada pembukaan perdagangan Rabu, 19 Juni 2024.

Dibalik Kejayaannya, Michael Jackson Ternyata Meninggalkan Utang hingga Rp8 Triliun

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Rabu, 19 Juni 2024.

Cara Mudah Dapat Saldo Dana Gratis untuk Mahasiswa, Gak Perlu Capek

Dia menjelaskan, selama sepekan, IHSG terkoreksi -2,36 persen, senada dengan pergerakan indeks IDX30 -5,42 persen dan indeks LQ45 -4,35 persen.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Tersangka Perdagangan Sisik Trenggiling Segera Diadili

"Mengikuti pelemahan nilai tukar rupiah dan capital outflow di pasar ekuitas domestik, seluruh indeks sektoral terkoreksi," ujar Ratih.

Sektor teknologi memimpin pelemahan -5,32 persen dan sektor industri turun -4,89 persen. Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada April 2024, tercatat US$398,3 miliar atau turun dari posisi Maret 2024 sebesar US$404,8 miliar.

Penurunan ULN tersebut berasal dari sektor publik dan swasta. Alhasil, rasio ULN terhadap PDB menjadi 29,1 persen pada April 2024, atau turun dibandingkan bulan sebelumnya 29,3 persen terhadap PDB.

"IHSG diprediksi bergerak mixed di level 6.640-6.780," ujarnya.

Ilustrasi papan saham IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni MEDC, ADMR, ULTJ.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya