E-Commerce Jadi Pilihan Brand Lokal dan UMKM untuk Jualan Live Streaming, Siapa Juaranya?

E-commerce.
Sumber :
  • Unsplash

Jakarta – Perusahaan riset pasar IPSOS mengungkapkan, saat ini e-Commerce menjadi pilihan utama brand lokal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berjualan. Tercatat, hingga pertengahan tahun 2024, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat.

Ridwan Kamil: Andaikan Dua Putaran, Kita Terus Semangat

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan, kemampuannya dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain e-Commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM.

Adapun survei IPSOS yang berjudul Tren Live Streaming E-commerce bagi penjual di tahun 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023. Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan.

Hitung Cepat Indikator dan LSI Denny JA Pilkada Jawa Tengah, Ahmad Luthfi-Taj Yasin 58 Persen

Promo XL Live.On di Shopee 7.7

Photo :
  • Dok: Live.On

"Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut," kata Andi dalam keterangannya Senin, 10 Juni 2024. 

Yakin Menang Satu Putaran, Rano Karno: Survei Terakhir 49 Persen, Butuh 1 Persen Lagi

Andi menilai, pada akhir tahun 2023 lalu, pihaknya melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. 

"Tahun 2024 ini dunia e-Commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar,” ungkapnya

“Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan  brand lokal dan UMKM di antara e-Commerce lainnya,"jelasnya. 

Dia menyebut, tren live streaming yang terus menunjukkan pengaruh dan perkembangan yang signifikan, membawa perubahan terhadap lanskap persaingan, baik dalam bisnis penjualan ataupun industri e-commerce itu sendiri.
 

Ilustrasi e-commerce.

Photo :
  • Entrepreneur

Adapun indikatornya, antara lain adalah:

- Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77 persen, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19 persen).

- Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72 persen, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26 persen) 

- Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82 persen) juga menjadi platform yang  paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh  melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18 persen.

Praktisi IT dan Dirut PT TDC Indra

Sosialisasi di Kalangan UMKM Harus Lebih Maksimal

Sosialisasi yang lebih maksimal lagi, harus dilakukan. Terutama di tengah-tengah kalangan UMKM. Dengan begitu, penggunaan transaksi digital seperti QRIS, bisa lebih luas.

img_title
VIVA.co.id
27 November 2024