Jokowi Klaim IKN Bakal Jadi Ibu Kota Terhijau di Dunia

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Rakernas Apeksi ke-XVII Tahun 2024
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal menjadi ibu kota terhijau di dunia. Hal ini sesuai konsep pengembangan IKN, yakni Kota Nusarimba.

Jokowi Nonton MotoGP Besok, Polda NTB Berlakukan Contraflow Menuju Sirkuit Mandalika

"Nantinya IKN itu akan menjadi ibu kota konsepnya ibu kota terhijau di dunia, karena konsepnya Kota Nusarimba, betul-betul hijau," kata Jokowi saat sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional ke-XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Balikpapan, Kalimantan Timur, disiarkan Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa, 4 Juni 2024. 

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Rakernas Apeksi ke-XVII Tahun 2024

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
Prabowo Bakal Lanjutkan Program Bansos Beras 10 Kg di Era Jokowi

Jokowi menekankan, pemerintah konsisten terhadap konsep awal pembangunan IKN. Menurut mantan Gunernur DKI Jakarta itu, konsep Kota IKN harus hijau, teduh bagi pejalan kaki dan ramah untuk pesepeda. 

IKN juga memiliki hutan kota dan alun-alun serta taman yang luas. Jika suatu kota terlanjut dibangun penuh dengan gedung dan beton, Jokowi menilai redesigning kota diperlukan untuk menambah ruang hijau.

KSAL Ungkap Alasan Sematkan Jokowi Brevet Kehormatan Hiu Kencana

"Konsep ke depan harus gitu. Kalau sebuah kota sudah terlanjur isinya gedung dan beton, ya memang harus mencarikan artinya me-redesign lagi kotanya," kata Jokowi.

Jokowi melanjutkan, redesigning mungkin memangkas beberapa gedung, yakni dengan dibeli atau dipangkas kemudian dijadikan taman kota. Menurut dia, tidak ada jalan lain kalau sudah terlanjur 'hutan beton'.

"Saya rasa itu. Kota masa depan, yang dream city, smart city, creative city, yang liveable dan loveable," imbuhnya. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan groundbreaking proyek Nusantara Sustainability Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN). Terjadwal peletakan batu pertama, sebagai tanda dimulainya proyek itu akan dilaksanakan pada Rabu, 5 Juni 2024.

Proyek ini akan menjadi pusat inovasi dan riset energi berkelanjutan berstandar internasional. Ini adalah bentuk konkret kolaborasi kerja sama Pertamina lewat anak usahanya, PT Patra Jasa dengan kelompok usaha Bakrie atau Bakrie Group. 

Dikabarkan, Stanford Doerr School of Sustainability, Stanford University, Amerika Serikat akan menjadi pihak yang ikut mengembangkan riset di hub ini.

Jelang acara, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie sekaligus alumnus Stanford University bakal mengunjungi lokasi Groundbreaking tersebut, H-1 acara. Putra sulung Aburizal Bakrie itu tiba Balikpapan hari ini untuk memulai kunjungannya ke IKN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya