Pos Indonesia Tingkatkan Layanan Pembayaran Pensiun Taspen dan Asabri, Kini Bisa Diantar ke Rumah
- VIVA.co.id/Anisa Aulia
Jakarta – PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND, menjalin kerja sama dengan PT Asabri (Persero). Kerja sama ini dilakukan untuk menyalurkan dana pensiun secara efisien, tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran, dan akuntabel.
Adapun Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri adalah BUMN yang ditugaskan oleh pemerintah sebagai pengelola program asuransi sosial bagi prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Polri, dan pegawai ASN.
“Saat ini Pos Indonesia mendapat dua penugasan, yaitu dari Taspen untuk ASN dan Asabri. Saat ini Pos Indonesia membayarkan sebanyak 474 ribu pensiunan dengan rincian 333 ribu pensiunan Taspen, sisanya pensiunan Asabri,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris dalam keterangannya Senin, 27 Mei 2024.
Dalam memberikan pelayanan kepada para pensiunan, PosIND membayarkan dana pensiun di outlet Pos. Kini, para pensiunan tak hanya bisa mengambil langsung di outlet pos, namun juga dapat diantarkan oleh petugas Pos ke rumah pensiunan. Layanan ini untuk sementara hanya berlaku bagi pensiunan yang berusia 65 tahun ke atas.
“Di tahap awal ini kami masih membatasi, masih melihat seperti apa pelaksanaan di lapangan, dan tanggapan para pensiunan. Saat ini dibatasi untuk pensiunan usia 65 tahun ke atas,” ujarnya.
PosInd memandang layanan antar pensiun ke rumah pensiunan ini sebagai sebuah cara mewujudkan komitmen Pos menjadikannya sebagai layanan unggulan.
“Kalau kita bicara pensiunan, kita bicara tentang orang tua kita yang dulu ada cerita orang tua kita ingin datang ke Kantorpos untuk reuni dengan teman-temannya. Tapi sekarang mungkin karena faktor usia mendorong orang agak butuh usaha untuk datang ke Kantorpos. Di sisi lain Kementerian Pertahanan mencanangkan bagaimana pelayanan kepada pensiunan ditingkatkan. Kami telah berdiskusi mengenai upaya meningkatkan pelayanan kepada pensiunan ini adalah dengan mengantarkan langsung uang pensiunan ke rumah. Kita permudah dengan cara petugas kami datang ke rumah pensiunan,” imbuhnya.
Keberhasilan metode pengantaran uang untuk beragam bantuan langsung tunai tersebut kini diterapkan dalam menyalurkan dana pensiun. Haris optimistis sukses serupa akan tercapai dalam mengemban amanah dari Asabri.
“Selama ini karena mengantarkan uang negara, proses pertanggungjawaban cukup baik. Oleh karena itu keberhasilan, mekanisme pengantaran bansos kita lakukan di penyerahan dana pensiunan ini. Kita tahu mitra Asabri bukan hanya PT Pos, mungkin nanti antara para mitra ini nanti bisa bersinergi dengan PT Pos menggunakan layanan PT Pos untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para pensiunan,” kata dia.