Ekonom Wanti-wanti Seretnya Likuiditas hingga Daya Beli Masyarakat Turun Hantui Perbankan 2024

ilustrasi bank.
Sumber :

Jakarta – Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro mengungkapkan, seratnya likuiditas hingga penurunan daya beli masyarakat kelas bawah dan menengah ke bawah menjadi tantangan industri perbankan pada tahun ini. 

Tips Mengubah Tantangan Menjadi Peluang, Kunci Kepemimpinan Efektif

Andry mengatakan, pada tahun ini perbankan akan menghadapi tantangan likuiditas. Pasalnya, tren pertumbuhan kredit di perbankan kini cukup agresif. 

"Nah tantangannya ada di likuiditas tentu saja tantangan dalam mendorong pertumbuhan kredit. Karena tren pertumbuhan kredit di perbankan terutama bank bank besar ini cukup agresif," kata Andry dalam Mandiri Macroeconomic Outlook Selasa, 14 Mei 2024.

Bursa Asia Bervariasi usai China Rilis Data Ekonomi Tidak Sesuai Ekspektasi

Tantangan kedua jelas Andry, pemangkasan suku bunga acuan cenderung akan dilakukan pada akhir tahun. Sehingga, tren suku bunga acuan tinggi akan bertahan lebih lama di 2024.

Ilustrasi perbankan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketum Kadin, Ini Harapan Daerah

"Ketiga faktor wait and see walaupun bukan dominan tapi banyak juga menunggu berita kabinet setelah bulan Oktober nanti pelantikan. Keempat ini menjadi konsern kami mengenai daya beli kelas bawah dan juga menengah bawah. Nah ini bagaimana kemudian kita perlu antisipasi supaya tidak memburuk," jelasnya.

Namun demikian, Andry menjelaskan ada sejumlah peluang kinerja bank dari sisi kredit dan simpanan. Pertama, pertumbuhan ekonomi domestik berpotensi tumbuh di 5 persen. 

"Ada potensi pertumbuhan 5 persen, yang mayoritas didorong oleh pertumbuhan ekonomi domestik bukan kredit perbankan. Ini dari sektor food and beverage, transportasi maupun telekomunikasi," ujarnya

Kedua, ada ekspektasi bahwa pertumbuhan ekonomi akan relatif lebih tinggi bila setelah satu tahun Pemilu. Hal ini terutama didorong oleh belanja modal atau capex di semester II-2024. 

Ketiga, sektor komoditas yang relatif flat atau tidak turun lebih dalam yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan penempatan dana di perbankan.

"Keempat ini kinerja baik dari pemerintah dan otoritas moneter menjaga inflasi di sekitar 3-4 persen. Sehingga bisa menjaga daya beli masyarakat," kata dia.

Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Sementara itu, Head of Macroeconomic & Financial Market Research Bank Mandiri, Dian Ayu Yustina mengatakan ketatnya likuiditas terjadi karena terdapat kesenjangan antara kondisi pertumbuhan kredit dan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK).

"Tapi memang kalau dibandingkan dengan pertumbuhan kredit ini ada gap, sehingga kondisi likuiditas ini cukup menjadi tantangan, kalau pertumbuhan kredit akselerasi cukup cepat sementara pertumbuhan DPK masih di bawah," terangnya. 

Adapun per Maret 2023, kredit tercatat tumbuh mencapai 12,4 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Sedangkan DPK hanya tumbuh 7,4 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya