Grup BUMI Borong 9 Penghargaan Terbaik di CSR dan PDB Awards 2024, Langsung Diserahkan Wapres RI

PT Arutmin Indonesia raih penghargaan terbaik di acara CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024
Sumber :
  • Dok. Arutmin

Jakarta – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui unit usahanya, yaitu PT Arutmin Indonesia (Arutmin) dan PT Kaltim Prima Coal (KPC) berhasil meraih 9 penghargaan terbaik pada acara Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024.

Arutmin Latih UMKM Strategi Branding Produk Genjot Pengembangan Desa

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia ini digelar di Hotel The Westin Jakarta, Selasa, 7 Mei 2024. Penghargaan langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin.

Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk, Adika Nuraga Bakrie mengatakan, perseroan sangat bangga atas penghargaan ini. 

Dampak Bulan Menjauh dari Bumi

"Penghargaan ini membuktikan komitmen Perusahaan untuk senantiasa memberikan nilai tambah dan membantu percepatan perekonomian masyarakat dan lingkungan di mana Perusahaan beroperasi,” kata Aga akrabnya disapa dikutip dalam keterangan resmi, Rabu, 8 Mei 2024.

PT Arutmin Indonesia raih penghargaan terbaik di acara CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024

Photo :
  • Dok. Arutmin
Bumi Akan Alami 25 Jam Sehari, Catat Waktunya

Lebih lanjut, Aga menyampaikan, BUMI dan seluruh anak usaha akan terus berkontribusi bagi negara. "Dan semua program CSR yang sudah disiapkan merupakan prioritas Perseroan dalam mendukung kegiatan pembangunan Pemerintah,” tegasnya.

Penghargaan Arutmin untuk seluruh daerah operasi meraih 5 kategori Gold, yakni:
a. Tambang Asamasam dengan program Wanda Permata (Wanita Berdaya Permata),
b. Tambang Kintap dengan program Pemberdayaan Kokimantera (Koperasi Kintap Mandiri Sejahtera) Mewujudkan Kesetaraan dan Keberlanjutan Ekonomi Desa,
c. Tambang Satui dengan program BUM Desa Bersama Bintang Lima,
d. Tambang Batulicin dengan program Pusat Pelatihan Sentra PPM Kasturi, serta
e. Tambang Senakin melalui program Pengembangan Potensi Ekonomi Berbasis Masyarakat Desa Tanah Rata Menuju Desa Mandiri.

PT Kaltim Prima Coal (KPC) raih penghargaan terbaik di acara CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024

Photo :
  • Dok. KPC/BUMI

Penghargaan KPC adalah 2 Gold, 1 Silver, dan 1 Excellent sebagai berikut:
a. Wanita-Wanita Tangguh Hadirkan Iklim Teduh – Lokasi Kecamatan Sangatta Utara mendapatkan penghargaan Gold,
b. Semangat Kampung Beragam untuk Dapatkan Cintanya Alam – Lokasi Kecamatan Sangatta Utara mendapatkan penghargaan Gold,
c. Digitalisasi Layanan PAMDes Lejitkan Kinerja BumDesa – Lokasi Desa Tepian Makmur Kecamatan Rantau Pulung mendapatkan penghargaan Silver,
d. Lokal Hero a.n. Rahmad Hidayat Optimalisasi BumDesa melalui Karya Pemuda Desa – Direktur BUMDESA Makmur Sejahtera – Lokasi Desa Tepian Makmur Kecamatan Rantau Pulung mendapatkan penghargaan Excellent.

PT Kaltim Prima Coal (KPC) raih penghargaan terbaik di acara CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024

Photo :
  • Dok. KPC/BUMI

Kegiatan tahun ini diikuti 100 perusahaan yang terdiri dari berbagai instansi, seperti BUMN, BUMS, dan BUMDes yang diinisiasi oleh ISSF (Indonesia Social Sustainability Forum) serta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk penghargaan kepada perusahaan yang selalu berupaya membangun dan mengembangkan desa-desa yang ada di sekitar wilayah operasional mereka.

Tahapan penilaian dalam kegiatan ini dimulai dengan pengiriman dokumen program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat yang telah atau sedang dilaksanakan oleh perusahaan, kemudian dilakukan verifikasi dan penilaian kelayakan dokumen, dan jika dianggap layak akan dilakukan uji atau presentasi terhadap program yang telah diajukan tersebut kepada tim penilai secara daring.

Selanjutnya, apabila program sudah terverifikasi dan melewati standar penilaian yang telah ditetapkan tim penilai, akan dilakukan verifikasi langsung ke lapangan. Verifikasi lapangan telah dilakukan di bulan Maret 2024 yang meliputi kunjungan ke Tambang Arutmin dan KPC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya