Aktivis Buruh Jabar Sukses Bangun Usaha Mandiri dengan Berkebun Anggur

Andi Gani Nena Wea di kebun anggur milik Misyadi [dok. KSPSI]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) Andi Gani Nena Wea mengapresiasi dan mengunjungi usaha mandiri aktivis buruh Jawa Barat, Misyadi, yang berkebun anggur di wilayah Parahyangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Keir Starmer Terpilih Jadi PM Inggris Gantikan Rishi Sunak, Ini Profilnya

Andi Gani mengaku bangga atas pencapaian dan kinerja luar biasa dari Misyadi, yang mampu mengeluarkan potensinya melalui wirausaha mandiri. Misyadi ini merupakan aktivis buruh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang juga aktif di DPD KSPSI Jawa Barat.

“Tentunya, ini bisa menjadi contoh enterpreneur untuk aktivis buruh di seluruh Indonesia. Karena telah berhasil menerapkan kemandirian buruh lewat kebun anggur," kata Andi Gani yang juga Presiden KSPSI, Rabu, 8 Mei 2024.

Soroti Pabrik Kelapa Sawit Tanpa Kebun, APPKSI Surati Jokowi dan Minta Pemerintah Lakukan Ini

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea.

Photo :
  • istimewa

Lewat kebun anggur ini, Andi Gani meyakini bahwa hal itu bisa menambah penghasilan yang sangat signifikan untuk Misyadi dan keluarganya. Karenanya, Dia pun mendorong aktivis buruh lainnya di seluruh Tanah Air, agar bisa mencontoh sosok Misyadi dalam membangun usaha mandiri. 

Titik Balik Nita: Single Parent yang Sukses Mendirikan Dua Salon Lewat Kursus Kecantikan

Presiden KSPSI ini menilai, untuk mewujudkan kemandirian buruh sangat penting. Karena buruh adalah komponen penting yang turut memajukan Indonesia. Menurutnya, buruh menjadi pelaku utama yang terus menggerakan perekonomian nasional, mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Lewat entrepreneurship, buruh harus jadi pelaku utama yang terus menggerakan roda perekonomian dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Andi Gani yang juga Penasihat Ahli Kapolri itu.

Diketahui, Kebun Anggur Parahyangan milik aktivis buruh Jawa Barat, Misyadi ini, ramai dikunjungi wisatawan dari Bandung, Jabodetabek, dan daerah sekitarnya.

Selain, menjual buah, kebun anggur ini juga menyediakan bibit anggur kualitas terbaik untuk dibeli pengunjung sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya