RUPST Antam Sepakat Rombak Jajaran Direksi, Ini Susunan Terbarunya

Gedung ANTAM (Aneka Tambang)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Jakarta – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu, 8 Mei 2024. RUPST menyetujui penetapan penggunaan laba bersih Tahun Buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk Perusahaan sebagai dividen seluruhnya atau 100 persen, sebesar Rp 3,07 triliun.

Harga Emas Hari Ini 19 September 2024: Produk Antam Turun, Global Meroket

Direktur Utama Antam, Nico Kanter mengatakan, perusahaan berhasil mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp 41,05 triliun, dengan kontribusi dominan berasal dari penjualan bersih domestik sebesar Rp 35,37 triliun atau setara 86 persen dari total penjualan bersih 2023.

"Perusahaan juga secara proaktif memperkuat basis pelanggan di dalam negeri pada produk-produk emas, bijih nikel dan bijih bauksit," kata Nico dalam keterangannya, Rabu, 8 Mei 2024.

10 Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo, BRI Jadi BUMN dengan Setoran Dividen Terbesar ke Negara

RUPST PT Antam di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Dia menjelaskan, pada 2023 produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan Antam, dengan proporsi 64 persen terhadap total penjualan dengan nilai penjualan sebesar Rp 26,12 triliun. Antam juga berhasil mencatat total volume produksi logam emas dari tambang perusahaan sebesar 1,21 ton, sementara penjualan logam emas pada 2023 mencapai 26,13 ton.

Harga Emas Hari Ini 14 September 2024: Produk Antam Meroket Tembus Rekor Tertinggi

"Kami berterima kasih kepada seluruh shareholder khususnya MIND ID sebagai induk holding, yang senantiasa mendukung Perusahaan untuk terus membukukan kinerja positif secara berkelanjutan," ujar Nico.

Selain itu, para pemegang saham Perseroan juga telah menyetujui usulan keputusan dari MIND ID, terkait Perubahan Susunan Pengurus Perseroan. Dimana dalam RUPST ini, telah diberhentikan dengan hormat Elisabeth RT Siahaan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Sebagai gantinya, para pemegang saham menyetujui untuk mengangkat Arianto Sabtonugroho menggantikan Elisabeth RT Siahaan.

"Dewan Komisaris dan Direksi Antam mengucapkan terima kasih kepada Ibu Elisabeth RT Siahaan, atas dedikasi dan dukungannya kepada Antam selama menjabat sebagai anggota direksi," ujarnya.

Dengan demikian, susunan pengurus perseroan terbaru adalah sebagai berikut: 

Dewan Komisaris:

- Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen : F.X. Sutijastoto

- Komisaris Independen : Gumilar Rusliwa Somantri

- Komisaris Independen : Anang Sri Kusuwardono

- Komisaris : Bambang Sunarwibowo

- Komisaris : Dilo Seno Widagdo 

Dewan Direksi :

- Direktur Utama : Nicolas D. Kanter

- Direktur Operasi dan Produksi : Hartono 

- Direktur Pengembangan Usaha : I Dewa Wirantaya

- Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Arianto Sabtonugroho 

- Direktur Sumber Daya Manusia : Achmad Ardianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya