KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500

VP Public Relations KAI Joni Martinus
Sumber :
  • Dok. PT KAI

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment saat ini tengah membuka rekrutmen untuk program Management Trainee Tahun 2024.

KAI Logistik Tebar Diskon Pengiriman Sepeda Motor dan Paket

"Masyarakat yang ingin melamar dapat melakukan pendaftaran mulai 17-22 April 2024," kata Vice President (VP) Public Relations KAI, Joni Martinus, kepada media, Jumat, 19 April 2024.

Hal yang membuat publik heboh adalah terkait syarat lowongan kerja tersebut dengan IPK minimal 3,5 hingga skor TOEFL 500. Manajemen KAI memberikan penjelasan terkait syarat tersebut.

Catat! 8 Kereta dari Stasiun Gambir Berhenti di Jatinegara Imbas Kunjungan Paus Fransiscus

Joni menjelaskan terkait kualifikasi pelamar tersebut. Untuk persyaratan tinggi badan, KAI mengikuti batas tinggi badan sertifikasi Ditjenka Kemenhub untuk masinis. Artinya, dipersiapkan jika ada kebutuhan rotasi formasi pekerjaan, dari pekerja lain menjadi pekerja kru KA.

"Agar kesinambungan perusahaan tetap berlangsung," ujarnya.

Kemnaker Terapkan Langkah Strategis untuk Cegah Hoaks Lowongan Kerja

Penumpang KAI saat puncak arus balik, Minggu, 14 April 2024.

Photo :
  • Dok. KAI

Sementara untuk berat badan, Joni mengaku bahwa pihaknya mengikuti aturan WHO untuk BMI (body mass index) ideal yang sehat dan minim risiko penyakit. Misalnya seperti diabetes melitus atau jantung karena obesitas atau overweight.

"Lalu untuk persyaratan kemampuan berbahasa Inggris, kami menginginkan agar para pegawai memiliki kapabilitas sebagai calon pemimpin KAI di masa depan dengan wawasan global," kata Joni.

Sementara itu, akreditasi perguruan tinggi serta nilai IPK dapat menjadi indikator kualitas pendidikan dan kompetensi calon karyawan. Kemampuan bahasa Inggris yang baik juga menjadi penting dalam lingkungan bisnis global saat ini.

Seperti diketahui, KAI memiliki pelanggan dan mitra dari mancanegara. Karenanya, kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dapat mempermudah kolaborasi, dan memastikan bahwa informasi dapat dipahami dengan jelas oleh semua pihak terkait.

Selain itu, lanjut Joni, standar tinggi dalam rekrutmen ini mencerminkan komitmen KAI terhadap kualitas dan profesionalisme. Dengan menetapkan standar yang tinggi, KAI dapat membangun tim yang terdiri dari individu-individu yang memiliki kemampuan dan integritas tinggi.

“Hal ini dapat berkontribusi pada produktivitas, inovasi, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang semakin kompleks," ujarnya.

Berikut kualifikasi lengkap rekrutmen PT KAI

- WNI
- Pria/Wanita (sesuai kebutuhan bidang pekerjaan)
- Tinggi badan minimal
a. Pria 160 cm
b. Wanita 155 cm
- Usia paling rendah 21 tahun paling tinggi 30 tahun terhitung 17 April 2024 
- Memiliki ijazah S1 (spesifikasi juruan bisa dilihat di e-recruitment.kai.id)
- Memiliki nilai IPK minimal 3,5 dari skala 4,0
- Akreditasi jurusan saat kelulusan 'Unggul/A'
- Sertifikat Bahasa Inggris minimal
a. TOEFL ITP: 500
b. TOEFL PBT/iBT: 61
c. TOEIC: 500
d. IELTS: 5,6
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya