Pergerakan Penumpang Mudik di Bandara Soetta Hari Ini Diprediksi Mencapai 188.795 Orang

Suasana penumpang di area check in bandara soekarno-hatta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang – Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero), Agus Wialdi memprediksi pada hari Sabtu, 6 April 2024, pergerakan arus mudik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, mencapai 188.795 penumpang.

Ada Aquabike Championship, Penumpang Ferry di Danau Toba Melonjak 12,7 Persen

"Sementara pada puncak arus mudik diperkirakan 6 April atau H-4, dengan jumlah penumpang di 20 bandara diperkirakan mencapai 317.835 penumpang," kata Agus di Tangerang, Sabtu, 6 April 2024

Menurut dia, AP II telah menyiapkan rencana operasi untuk memastikan kelancaran pelayanan dan operasional bandara di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik ini.

Jelang Natal dan Tahun Baru 2025, Menteri Dody Bakal Fungsionalkan Ruas Tol Klaten-Prambanan

Adapun titik penting yang menjadi fokus di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik, antara lain area check in counter, boarding lounge, hingga pengaturan flow penumpang pesawat dan pengaturan slot time irregular di waktu sibuk.

"Pengaturan penggunaan check in counter dan pengaturan boarding lounge akan direncanakan dengan baik, termasuk menyediakan holding bay bagi penumpang pesawat jika diperlukan," katanya.

29.323 Penumpang di Bandara Soetta Batal Terbang dampak Erupsi Gunung Lewotobi

Selanjutnya, kata dia, titik penting lainya saat kedatangan penumpang antara lain adalah layanan bagasi di baggage claim area dan ketersediaan moda transportasi darat.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak ground handling terkait penanganan bagasi penumpang pesawat. Kami harapkan dengan kolaborasi yang erat di antara seluruh stakeholder, penanganan bagasi oleh ground handling dapat memenuhi standar mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt untuk kemudian di ambil penumpang," ungkapnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan maskapai untuk merencanakan dengan baik alokasi parkir pesawat untuk kemudahan pelayanan kepada para penumpang pesawat.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro menambahkan, bahwa bandara-bandara yang di bawah pengelolaan AP II telah menjalankan program aktivasi untuk menghibur penumpang pesawat pada periode sibuk ini.

"Kami ingin menghadirkan Ramadhan Experience di seluruh bandara AP II melalui berbagai program aktivasi bagi penumpang pesawat. Interior di terminal penumpang juga didesain bernuansa Ramadhan untuk menyambut para penumpang pesawat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya