Libur Lebaran, KCIC Tambah 12 Perjalanan Whoosh Jadi 52 Perjalanan per Hari

Kereta Cepat Jakarta Bandung besutan PT KCIC.
Sumber :
  • PT KAI

Jakarta – PT KCIC akan melakukan penambahan 12 jadwal perjalanan harian Kereta Cepat Whoosh, pada musim libur Lebaran 2024. Sehingga, operasional Whoosh di musim libur Lebaran akan memiliki 40 perjalanan reguler dan 12 perjalanan tambahan, dengan total 52 perjalanan setiap harinya.

Libur Panjang Maulid Nabi Muhamnad SAW, 75 Ribu Tiket Whoosh Ludes Terjual

Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya telah menetapkan masa Angkutan Lebaran sejak 3-18 April 2024. Secara total, pada periode tersebut KCIC akan mengoperasikan sebanyak 52 perjalanan Whoosh per harinya.

"Totalnya sebanyak 52 perjalanan per hari mulai tanggal 5 April 2024, yang telah disiapkan oleh KCIC untuk melayani penumpang di masa libur Lebaran," kata Eva dalam keterangannya, Jumat, 5 April 2024.

Viral Kecoak Terbang di Gerbong KRL, Auto Bikin Penumpang Teriak Histeris

Kereta Cepat Whoosh (dok. KCIC)

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Dengan bertambahnya jadwal perjalanan, headway Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit. Whoosh sendiri akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB, untuk relasi Halim - Tegalluar. Kemudian pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB, untuk relasi Tegalluar - Halim.

Jadi Operator Bandara Terbesar ke-5 Dunia, InJourney Airports Targetkan Ini

"Sehingga penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan, yang sesuai dengan kebutuhannya," ujarnya.

Peningkatan jumlah perjalanan ini diakui Eva merupakan antisipasi KCIC, terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya. Penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI, untuk menuju Bandung dan Cimahi.

Pelayanan Restorasi di atas KA juga mulai dioperasikan di masa angkutan lebaran kali ini. Tanggal 5 April 2024, penumpang Whoosh dapat menikmati layanan restorasi di Kereta Makan yang nyaman dan unik. KCIC juga mengerahkan sekitar 524 petugas pengamanan per hari, untuk memastikan keselamatan dan keamanan di stasiun, kereta, dan jalur lintas operasional Whoosh.

Secara total, terdapat 1.396 CCTV di sepanjang jalur kereta cepat dan Stasiun, sebagai bagian yang terintegrasi dalam sistem pengendalian operasi (OCC). Tujuannya yakni untuk memastikan keamanan perjalanan Whoosh, termasuk pemantauan pelayanan dan security penumpang selama berada di area stasiun.

"Pada masa angkutan Lebaran ini, KCIC tetap menerapkan skema tarif dinamis untuk kelas Premium Economy. Penumpang bisa memesan tiket di saluran resmi yang tersedia, seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya