Pastikan Hal-hal Ini Sebelum Memilih Produk atau Layanan Jasa Keuangan

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Sumber :
  • Website OJK

VIVA – Calon konsumen maupun konsumen keuangan perlu adanya antisipasi sebelum memilih produk atau layanan jasa keuangan yang akan digunakan. 

5 Aplikasi Pinjaman Online terdaftar OJK!! Cepat Cair dan terpercaya

Calon konsumen sektor jasa keuangan harus memahami aspek legal dan logis serta karakteristik produk dan layanan keuangan yang digunakan nantinya. Ini merupakan salah satu upaya Otoritas Jasa Keuangan  untuk menjaga hak konsumen keuangan.

Melalui postingan Instagram @sikapiuangmu, terdapat dua aspek yang telah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan dalam memilih produk atau layanan jasa keuangan, yakni legal dan logis.

Mengenal Reksa Dana: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya

Pada aspek legal, perlu diketahui apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk maupun layanan jasa keuangan : 

1. Produk atau layanan memiliki izin dari otoritas yang berwenang

50 Pinjaman Online Legal dan Terpercaya, Terdaftar di OJK 2024

2. Penyelenggara memiliki izin dalam menawarkan produk atau tercatat sebagai mitra pemasar

3. Pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Pada aspek logis, ketahui pula hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk maupun layanan jasa keuangan : 

1. Imbal hasil dari produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan masuk akal dan tidak ada indikasi penipuan.

Adapun segi karakteristik dari produk atau layanan jasa keuangan yang akan dipilih terdiri sebagai berikut : 

1.Manfaat

2.Biaya

3.Risiko

4.Hak dan Kewajiban Konsumen

5.Cara mengakses atau memperoleh

6.Informasi mekanisme transaksi

7.Mekanisme penanganan pengaduan dan penyelesaian sengketa

Dengan mengikuti tips di atas, calon konsumen dapat memilih produk atau layanan jasa keuangan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Berikut beberapa tips tambahan untuk calon konsumen:

1. Bandingkan beberapa produk atau layanan sebelum memutuskan.

2. Bacalah dengan seksama semua dokumen sebelum menandatanganinya.

3. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak penyelenggara jika anda tidak memahami sesuatu.

4. Laporkan ke OJK jika anda menemukan produk atau layanan yang mencurigakan.

Kemudian, bagi calon konsumen yang ingin menggunakan produk atau layanan jasa alangkah baiknya mencari informasi terlebih dahulu pada kontak yang telah disediakan.

Calon konsumen bisa mengakses nomor layanan yakni 157 dan bisa melakukan aktivitas Whatsapp dengan nomor telepon 081157157157. Calon konsumen juga bisa cek melalui bit.ly/satgaspasti atau melalui web sikapiuangmu.ojk.go.id

Ilustrasi pinjaman online

Bunga Pinjaman Online Tinggi? Ini 6 Cara Hindari Jeratan Utang yang Mencekik

Tanpa perencanaan matang, bunga pinjaman online bisa menyebabkan beban utang yang berat. Bahkan, tak jarang bisa menjerumuskan peminjam ke dalam lingkaran utang.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2024